Skip to main content

5 Alasan Kenapa Si Kecil Harus Diajak Bermain di Luar Rumah

Bunda, proses tumbuh kembang si kecil akan lebih optimal jika dilakukan lewat kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain sambil belajar. Tak hanya di rumah, kegiatan bermain pun sebaiknya dilakukan di luar ruangan seperti halaman atau lapangan bermain. Bermain di luar rumah akan memberikan si kecil kesempatan lebih banyak untuk bereksplorasi: dengan ruang gerak yang luas, si kecil bisa semakin bebas mengenal dan melatih kemampuan motorik juga sensoriknya. Bermain di luar ruangan juga berarti membiarkan si kecil terpapar banyak jenis kuman atau bakteri—hal yang justru dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil.

Selain hal di atas, masih ada banyak manfaat lain dari bermain di luar rumah loh, Bunda. Simak dalam list berikut yuk!

  1. Mendukung pertumbuhan tulang

Di masa emas pertumbuhannya, si kecil perlu menerima banyak sinar matahari, terutama di pagi hari. Sinar matahari ini diperlukan tubuhnya untuk membentuk vitamin D yang sangat penting dalam pertumbuhan si kecil, mulai dari pembentukan tulang hingga memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Melatih cara berpikir dan mengasah kreativitas

Ketika Bunda membiarkan si kecil bermain di luar rumah, itu berarti Bunda memberikan kesempatan si kecil untuk mengasah kemampuan kognitifnya. Kemampuan tersebut mencakup kemampuan untuk merencanakan sesuatu dan menyelesaikan masalah—hal ini krusial untuk kesuksesannya kelak loh, Bunda. Tak hanya itu, bermain di luar pun membuat kemampuan berimajinasi si kecil semakin terasah.

  1. Membuat si kecil berolahraga

Si kecil perlu bergerak aktif setidaknya satu jam tiap harinya. Dengan mengajaknya bermain di luar rumah, sama saja seperti mengajaknya melakukan olahraga yang menyenangkan dengan berlari, melompat, menendang atau bersepeda.

  1. Melatih kemampuan bersosialisasi

Jika si kecil bermain bersama teman-temannya di luar rumah, si kecil tak hanya belajar memahami kemampuan tubuhnya sendiri tapi juga belajar untuk bersosialisasi. Manfaatkan pula momen ini untuk mengajari si kecil cara berbagi, konsep mengantri dan berteman yang baik ya, Bunda.

  1. Membantunya berani mengambil risiko

Sebagai orang tua, Bunda tentu ingin melihat si kecil tumbuh jadi anak yang percaya diri dan berani mengambil risiko. Dengan membiarkannya bermain di luar rumah, berusaha berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan mencoba berteman, Bunda melatih si kecil untuk tidak takut mencoba hal baru.

Pohon untuk tempat bermain si kecil

5-alasan-kenapa-si-kecil-image-2.jpg

5-alasan-kenapa-si-kecil-image-2.jpg

Sudah tahu kan Bunda, manfaat bermain di luar rumah bagi pertumbuhan si kecil? Sayangnya, dengan memburuknya polusi udara khususnya di Jakarta, kini saatnya Bunda dan Ayah memastikan si kecil selalu punya tempat yang nyaman untuk bermain dan melakukan sesuatu agar bumi Indonesia menjadi tempat yang layak untuk si kecil bertumbuh. Bersama WWF Indonesia, Johnson & Johnson mengajak Bunda untuk turut berpartisipasi dalam penanaman 2000 pohon di Ciliwung Watershed, sebagai upaya untuk menjaga Bumi  tempat si kecil tumbuh tetap lembut. Caranya, ikuti Kontes Foto JOHNSON’S® Gentle Tree di Facebook Messenger Johnson’s Baby Indonesia. Unggah foto si kecil dan tuliskan harapan Ayah dan Bunda bagi masa depan si kecil untuk tumbuh di bumi yang lebih lembut kelak.

2000 peserta pertama akan mendapat kesempatan untuk menamai satu #GentleTree yang ditanam dengan nama si kecil, loh. Jangan sampai ketinggalan ya Bunda. Klik bit.ly/JohnsonGentleTree untuk ikut kontesnya sekarang!

Source:

Kembali ke Atas