Skip to main content
header-inilah-langkah-pijat-payudara-untuk-asi-melimpah.png

Setiap Ibu tentu ingin memberikan ASI eksklusif untuk menunjang tumbuh kembang buah hati tersayang. Namun, hal ini kadang tidak berjalan sesuai harapan karena banyak ibu yang bermasalah dengan produksi ASI. Ya, saat air susu tidak diproduksi cukup banyak, bayi tak akan mendapatkan cukup asupan nutrisi sehingga butuh makanan tambahan. Tapi tenang saja Bu, ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menambah produksi ASI salah satunya dengan pijat payudara. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukannya? Simak informasi berikut:

Lakukan Pijatan Limfatik

Salah satu cara terbaik untuk melakukan pijat payudara agar produksi ASI bertambah adalah dengan pijatan limfatik menggunakan baby oil atau minyak khusus lain. Caranya, tekan bagian bawah ketiak yang berada di dekat payudara dengan ujung jari tangan. Tekan secara lembut dan pijat dengan perlahan selama beberapa menit. Cara ini ampuh untuk memperlancar aliran darah dan membuang racun yang ada di sekitar payudara.

Gunakan Lotion atau Oil Selama Pemijatan

Supaya proses pijat payudara untuk menambah produksi ASI bisa berjalan lebih lancar, gunakanlah lotion atau minyak khusus. Minyak dari bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa sangat baik digunakan untuk pemijatan payudara. Selain itu, Ibu juga bisa menggunakan baby oil yang kandungannya alami dan aman untuk si Kecil. Salah satu pilihan terbaik adalah Johnson’s baby oil yang terbuat dari Mineral Oil murni. Kandungan ini bisa membuat kulit lebih lembap dan akan mempermudah proses pemijatan. Sangat baik juga diaplikasikan pada kulit buah hati yang sensitif.

Hindari Menekan Terlalu Keras

Tekanan lembut pada area payudara dan sekitarnya sudah cukup membuat aliran darah berjalan lebih lancar. Hindari menekan atau meremas payudara terlalu keras karena bisa merusak jaringan yang ada di area tersebut. Ketika Ibu merasa nyeri atau sakit saat proses pemijatan, itu tandanya ada tekanan yang terlalu keras di area payudara. Ketika payudara terasa hangat, itu tandanya aliran darah sudah berjalan lebih lancar.

Lakukan Pemijatan Setiap Hari

Untuk hasil terbaik, lakukan pemijatan ini setiap hari. Jika Ibu kesulitan memperoleh lotion atau baby oil, pemijatan juga bisa dilakukan dengan bantuan sabun saat mandi. Selain bisa menambah produksi ASI, pemijatan ini juga akan membuat Ibu merasa lebih rileks dan nyaman.

Selain memijat payudara dengan baby oil, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk menambah produksi ASI, misalnya dengan:

  • Menyusui secara rutin. Mungkin tak banyak disadari, tapi jarang menyusui si Kecil bisa membuat produksi ASI berkurang. Maka dari itu, maksimalkan pemberian ASI sehingga produksi air susu juga lebih optimal.
  • Konsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang Ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Sayuran hijau seperti bayam, kacang buncis, dan asparagus kaya akan Mineral yang baik untuk produksi ASI. Selain itu, sayuran kaya betakaroten seperti wortel dan buah bit juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Jangan lupakan pula kacang-kacangan, gandum, dan juga bawang putih yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Nah, bagaimana Bu? Sudah siap menambah produksi ASI dengan cara-cara alami yang aman untuk kesehatan? Yuk, siapkan Johnson’s® baby oil atau Johnson’s® baby lotion dan mulai lakukan pemijatan sekarang juga!

Kembali ke Atas