Skip to main content
manfaat-dan-cara-melakukan-header-image.jpg

Ada banyak salon atau tempat pijat khusus bayi yang menawarkan jasa baby spa. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Ibu bisa melakukan ini sendiri di rumah. Apa saja keuntungan melakukan baby spa sendiri untuk si kecil, dan bagaimana caranya?

Manfaat baby spa

Sama seperti manfaatnya bagi orang dewasa, pijat juga dapat membuat badan bayi terasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Pijat juga akan sangat bermanfaat ketika bayi sedang tumbuh gigi (teething) karena efek relaksasinya dapat membantu meredakan rasa nyeri yang dialami si kecil.

Selain itu, menurut International Association of Infant Massage (IAIM), memijat badan bayi selama baby spa dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan si kecil sehingga dia terhindar dari masalah perut kembung atau sembelit.

Pijat juga diketahui membantu merangsang perkembangan motorik bayi, sekaligus merangsang pertumbuhan bayi yang lahir prematur.

Mungkin, satu manfaat terbesar dari baby spa yang tidak boleh dianggap remeh adalah terjalinnya ikatan batin yang lebih kuat antara ibu dan bayinya.

Cara melakukan baby spa di rumah

Sebelum melakukan baby spa, pastikan Ibu tahu cara memijat bayi yang benar untuk menghindari cedera pada si kecil. Ingat untuk selalu cuci tangan dulu dan melepas perhiasan, seperti cincin atau gelang, sebelum mulai baby spa.

Jika semua sudah siap, Ibu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pijatan di kaki

Awali sesi baby spa dengan pijatan di area kaki, dari tumitnya dan terus naik ke atas hingga ke pangkal paha.

Nah sebelum mulai, tuang sedikit JOHNSON’S® Baby Oil di telapak tangan Ibu. Gosokkan kedua telapak tangan Ibu sampai terasa hangat lalu balurkan di sekitar tumit si kecil.

Angkat salah satu kaki si kecil dengan satu tangan, kemudian dengan tangan yang dominan pijat lembut kakinya dengan gerakan memutar. Tekan lembut permukaan telapak kaki menuju ujung-ujung jarinya menggunakan dua ibu jari. Lakukan gerakan naik turun secara perlahan. Setelah satu sisi kaki selesai, pijat kaki bayi yang satunya dengan cara yang sama.

Jika kedua telapak kakinya sudah dipijat, naiklah ke betis dan paha si kecil dengan gerakan mengusap lembut. Arahkan pijatan lembut dari bawah lutut ke arah perut untuk membantu gas di perut keluar.

Saat melakukan baby spa, hindari memijat area kelamin bayi.

2. Pijatan di lengan

Setelah kedua kaki, Ibu bisa pindah memijat area lengan dan tangan bayi. Pola gerakan pijatnya sama, yaitu tekanan lembut dengan gerakan melingkar.

Namun sebelum pijat, balurkan lagi sedikit JOHNSON’S® Baby Oil di sepanjang lengan bayi sampai jari-jarinya.

Pijat dari pangkal lengan atas dan perlahan turun hingga ke pergelangan tangannya. Berikan sedikit tekanan dan lakukan hal ini beberapa kali hingga seluruh tangan si kecil dipijat secara merata.

Lakukan teknik memijat bayi ini secara bergantian di kedua tangan si kecil.

3. Pijatan di dada

Ketika pijatan tangan sudah selesai, Ibu bisa pindah ke bagian dada bayi. Tuangkan sedikit JOHNSON’S® baby oil agar pijatan terasa lebih mulus dan tidak menyakitkan untuk si kecil.

Letakkan tangan Ibu di dadanya, lalu pijat lembut dengan gerakan ke arah luar mendekati ketiak bayi. Pastikan Ibu tidak menekan terlalu keras saat memijat daerah ini.

4. Pijatan di wajah

Selanjutnya Ibu bisa memijat wajah bayi. Memang agak sulit karena bayi mungkin akan banyak bergerak. Namun, ibu bisa mulai memijat pelan dari tengah dahi bayi dengan dua ujung jari telunjuk.

Pelan-pelan usapkan jari dari tengah dahi menuju sisi wajah dan berakhir di dagu. Dari dagu, gerakkan jari ke atas dengan gerakan memutar menuju pipi, dan ulangi beberapa kali.

5. Pijatan di punggung

Tahapan pijat paling terakhir dari baby spa adalah punggung. Tengkurapkan bayi, namun buat wajah bayi menoleh ke samping dan kedua tangannya memanjang di depan wajah, bukan menyamping di sisi badannya.

Dengan kedua tangan yang sudah dibalur baby oil, mulai pijatan pelan dari punggung atas dekat pangkal lehernya dan gerakkan searah jarum jam sampai ke bokongnya. Ulangi beberapa kali.

Tips untuk Ibu yang mau baby spa di rumah

Segera hentikan proses memijat apabila ia terlihat rewel dan mulai menangis. Ibu juga disarankan tidak memijat bayi saat ia sudah mengantuk atau saat lapar. Ini demi menghindari bayi justru merasa jadi tidak nyaman.

Setelah dipijat, bayi juga harus dimandikan untuk membersihkan tubuhnya dari sisa minyak. Gunakanlah sabun mandi seperti JOHNSON’S® Top-to-toe™ Hair & Body Baby Bath dengan formula NO MORE TEARS® yang lembut di mata bayi.

References:

Infant massage benefit http://www.iaim.net/benefits/ diakses pada 18 September 2019.

Infant massage https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-massage/art-20047151 diakses pada 18 September 2019.

Baby massage https://www.pregnancybirthbaby.org.au/baby-massage diakses pada 18 September 2019.

Massage for baby https://www.momjunction.com/articles/massage-baby_002856/#grefdiakses pada 18 September 2019.

Kembali ke Atas