Skip to main content

Meski belum bisa banyak beraktivitas, kulit bayi tetap bisa kotor karena terpapar debu dan keringat, sebum (minyak), dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Maka itu, kulit bayi harus rutin dibersihkan dengan sabun yang tepat. Namun, pemilihan sabun bayi tidak boleh asal agar sesuai untuk kulitnya. Jangan khawatir, berikut tips mudah memilihnya.

Tips memilih sabun yang tepat untuk bayi

Membersihkan kulit bayi tidak cukup dengan air hangat saja. Bayi tetap perlu disabuni setiap kali mandi agar benar-benar terjamin bersih dari segala kotoran bandel yang menempel.

Akan tetapi, Anda harus cermat memilih bahan pembersih untuk si Kecil karena tidak semua bayi cocok dengan sabun yang ada di pasaran. Alih-alih menjaga kulit bayi tetap bersih dan sehat, sabun yang keliru bisa menimbulkan masalah pada kulit si Kecil, mulai dari kulit kering hingga risiko iritasi.

Supaya tidak salah pilih, ikuti langkah-langkah memilih sabun yang tepat di bawah ini.

1. Kenali jenis kulit bayi

Kulit bayi pada dasarnya sensitif sehingga mudah sekali memerah, gatal, atau memunculkan ruam. Kondisi kulit tersebut sangat mungkin terjadi akibat penggunaan produk perawatan kulit, salah satunya sabun.

Oleh karena itu, sebelum memilih sabun, Anda wajib mengenali jenis kulit bayi. Terlebih tidak sedikit pula bayi yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau eksim.

Si Kecil yang memiliki masalah kulit ini sangat perlu perhatian ekstra dalam memilih sabun. Bila Anda ragu menentukan jenis kulit si Kecil, konsultasi ke dokter menjadi langkah paling bijak.

2. Pilih sabun yang diformulasikan untuk kulit bayi

Tidak semua sabun yang dijual di pasaran diperuntukkan bagi buah hati Anda. Ada sabun-sabun tertentu yang memang lebih cocok digunakan untuk kulit remaja maupun orang dewasa. Jadi, pastikan sabun yang Anda pilih diformulasikan khusus untuk si Kecil.

Beberapa contoh produk sabun yang bisa Anda pilih untuk si buah hati, antara lain:

3. Baca kandungan produk di kemasan

Sebelum memantapkan hati memilih sabun untuk si Kecil, bacalah kandungan produk yang ada di kemasan.

Pastikan sabun yang akan Anda beli tidak mengandung dari zat iritan dan alergi serta alkohol. Selain itu, hindari juga kandungan pengawet, formaldehyde, dan phthalate pada sabun bayi. Ketiga zat ini berisiko pada masalah kulit jika digunakan pada kulit bayi yang sensitif.

The Royal Children's Hospital Melbourne menyarankan akan lebih baik jika sabun yang digunakan mengandung pH seimbang. Tidak cuma itu. Carilah produk sabun bayi yang menyertakan label hypoallergenic pada kemasannya. Sabun yang dilabeli tanda ini umumnya tergolong cocok dan sesuai buat bayi.

4. Pilih ukuran kecil

Sudah merasa yakin dengan sabun yang Anda pilih? Nah, jika ini adalah kali pertama Anda membeli sabun baru, belilah yang ukuran kecil dulu.

Alasannya untuk menghindari sabun terbuang percuma bila ternyata si Kecil tidak cocok dengan sabun tersebut.

Jika setelah beberapa kali mandi kulit bayi tidak menunjukkan masalah, Anda boleh membeli sabun yang sama dengan ukuran lebih besar. Jadi, lebih efisien, bukan?

Bila Anda masih ragu memilih sabun yang tepat untuk bayi, konsultasikan ke dokter. Dokter akan merekomendasikan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit anak.

Jangan lupa, mandikan bayi dengan benar

Misi Anda menjaga kesehatan dan kebersihan kulit si Kecil tidak hanya sebatas memilih sabun bayi. Anda harus memandikan bayi juga dengan cara yang benar.

Mandikan bayi dengan air hangat tidak lebih dari 10 menit. Tuangkan sabun cair secukupnya pada tangan Anda.

Kemudian, gosokkan dengan lembut secara perlahan ke tubuh bayi. Lalu, bilas kulitnya dengan air hingga bersih. Hati-hati, saat Anda membersihkan area wajah agar sabun tidak kontak ke matanya.

Referensi:

Mayo Clinic. Baby bath basics: A parent's guide. Accessed on December 13rd, 2019.

The Royal Children's Hospital Melbourne. Skincare for babies. Accessed on December 13rd, 2019.

Being The Parents. 7 Amazing Facts About Your Baby’s Skin. Accessed on December 13rd, 2019.

WebMD. What Baby Skin Care Products Does Your Newborn Need?. Accessed on December 13rd, 2019.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas