Skip to main content

Mata, Telinga, Hidung & Kuku Bayi

Jari tangan, jari kaki, mata, telinga, dan hidung mungil yang sempurna. Penting sekali untuk menjaganya tetap bersih dan sehat. Di sini JOHNSON’S® baby menyediakan tips mudah untuk merawat bayi sehat Anda.

Jangan pernah memasukkan apapun langsung ke telinga, mata, atau hidung bayi Anda. Usap benda apapun dari mata, mulut, hidung atau telinga luarnya menggunakan cotton round yang lembut dan lembap.

Telinga Bayi

Utamakan untuk menjaga kebersihan bagian luar telinganya. Meski banyak toko obat menyediakan berbagai alat dan obat pembersih telinga bagian luar dan bagian dalam, hanya dokter Andalah yang dapat menentukan perlu tidaknya produk-produk tersebut demi kesehatan bayi Anda. 

Pilihan yang baik untuk membersihkan telinga adalah produk yang dibuat khusus untuk bayi, seperti JOHNSON’S® safety swabs yang terbuat dari kapas. Produk ini dirancang khusus untuk membantu mencegah ibu memasukkan ujung kapas terlalu dalam ke liang telinga bayi. Berikan perhatian ekstra saat membersihkan telinga bayi Anda — bersihkan apa yang dapat Anda lihat — jangan pernah memasukkan apapun ke liang telinga ata u hidung bayi.

PERHATIAN:Saat menggunakan JOHNSON’S® safety swabs di telinga, jangan memasukkannya terlalu dalam ke liang telinga, singkirkan kotoran yang terlihat dengan lembut dan bersihkan seluruh permukaan luar telinga. Pemakaian yang tidak benar dapat mengakibatkan luka. Produk ini bukan mainan.

Mata Bayi

Sambil memegang kepala bayi Anda, bersihkan area sekitar mata dengan lembut menggunakan cotton round yang telah direndam dalam air hangat yang bersih. Untuk menjaga bayi tetap sehat, gunakan cotton round baru untuk masing-masing mata dan selalu usap dari sudut dalam mata menuju ke luar.

Hidung Bayi

Jika bayi Anda sesak napas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasinya. Hubungi dokter Anda terkait pemakaian obat tetes hidung atau bulb syringe karet (untuk menyedot ingus) untuk meredakan sesak napas.

Ibu dapat merawat si bayi sehat dengan menggunakan cotton round yang dilembapkan untuk membersihkan kotoran di sekitar hidung bayi, pastikan untuk mengusap ke arah luar hidung. Untuk iritasi di bawah atau sekitar hidung, Anda dapat menggunakan skin protectant yang diformulasikan untuk bayi. Ibu juga dapat mencoba memandikannya dengan air hangat menggunakan JOHNSON’S® baby soothing vapor bath. 

PERINGATAN KEAMANAN: Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan gunakan tanpa seizin dokter jika anak menderita asma atau alergi, atau jika ada riwayat penderita asma di keluarga Anda. Dapat memicu masalah pernapasan serius.

Kuku Bayi

Untuk menjaga bayi tetap sehat, guntinglah kuku bayi ibu secara berkala untuk mencegahnya melukai diri sendiri dan menyebarkan infeksi, karena kuku dapat menyimpan kotoran dan kuman. Guntinglah segera sehabis mandi saat kuku lebih lunak. Gunakan gunting tumpul atau gunting kuku bayi dengan kaca pembesar agar kukunya yang kecil dapat lebih mudah dilihat, dan ikuti garis alami pada jari, jauhkan bantalan jari dari kuku guna menghindari memotong kulit jarinya.

Jika bayi Anda takut, cobalah:

  • memotong kuku Anda sendiri terlebih dulu — tunjukkan padanya betapa menyenangkannya hal tersebut
  • mengalihkan perhatiannya dengan lagu seperti “This Little Piggy”

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas