Skip to main content

Diri Anda Pasca Melahirkan

Dengan seluruh kesibukan saat membawa pulang bayi Anda, ibu mungkin lupa untuk mengurus orang penting lainnya... yaitu diri sendiri! Mulai saat ini, lebih penting dari sebelumnya, ibu harus ingat untuk merawat diri sendiri agar dapat lebih baik merawat bayi Anda.

Mereka bilang, "Saat seorang bayi lahir, lahir pula seorang ibu (dan ayah)." Ibu sudah memahami bahwa memiliki bayi adalah salah satu peristiwa yang paling membahagiakan dalam hidup—tapi juga salah satu yang paling menantang.

Wajar jika ibu merasa sedikit lelah — tidak heran — Anda baru saja melahirkan! Bahkan dalam situasi terbaik, persalinan memang dapat membuat Anda lelah mental dan fisik. Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui cara bijak untuk merawat diri. Jika ibu kehilangan banyak darah, dehidrasi selama persalinan, atau anemia setelah melahirkan, dibutuhkan beberapa hari atau minggu agar Anda dapat kembali dalam kondisi semula.

Meminta Bantuan

Ini bukan saatnya untuk menjadi pahlawan untuk diri sendiri: Terimalah tawaran bantuan jika memang diperlukan!

Ini termasuk menerima bantuan teman yang menawarkan bantuan untuk mencuci baju, ibu mertua yang membawa sedikit makanan, atau ayah yang memberikan bantuan untuk menjaga bayi saat ibu tidur siang. Jika tidak ada yang menawarkan bantuan di hari-hari pertama setelah melahirkan, atau jika Anda tinggal jauh dari keluarga, pekerjakan seorang asisten rumah tangga untuk sementara waktu. Anda juga dapat mempekerjakan doula atau asisten pendamping persalinan atau pascamelahirkan sebagai salah satu cara untuk merawat diri sendiri. Doula yang bersertifikat menawarkan keahlian dan dukungan, baik secara fisik dan emosional, serta dapat membantu perawatan bayi baru lahir dan proses adaptasi dalam keluarga Anda.

Jika mempekerjakan orang lain tidak mungkin menjadi pilihan, sederhanakan dan kurangi tugas-tugas rumah tangga yang perlu ibu lakukan. Misalnya, alih-alih memasak makanan setiap malam, buatlah makanan dengan porsi lebih banyak yang dapat dimakan untuk malam berikutnya.

Rileks

Otot ibu cenderung tegang karena sering mengangkat, membawa, menyusui, mengayun dan menenangkan bayi Anda sepanjang siang (dan malam!). Kini waktunya untuk merawat diri dengan meminta pasangan Anda memijat Anda.

Anda mungkin sudah mengetahui manfaat memijat si kecil, tetapi sekarang penting bagi ibu untuk mendapatkan pijatan yang dapat memanjakan dan menenangkan Anda. Pasangan Anda dapat membantu mengendurkan otot-otot Anda dengan pijatan kuat di sepanjang bahu, lengan, punggung bawah, paha, dan betis. Sebagai cara merawat diri, ingatlah untuk menggunakan lotion atau baby oil lembut untuk membantu membuat sesi pijat lebih nyaman.

JOHNSON'S® baby Oil adalah pilihan yang bagus untuk kulit orang dewasa—baby oil ini mengandung antialergi dan dapat mengunci kelembapan dua kali lebih lama dibanding lotion merek ternama.

Tetap terhidrasi

Dehidrasi tanpa disadari dapat membuat ibu lelah. Jika ibu menyusui, Anda berisiko lebih besar mengalami dehidrasi, jadi ingatlah untuk minum banyak cairan untuk merawat diri sendiri. Anda juga dapat menghindari minuman berkafein dan makanan-makanan yang diduga dapat memicu reaksi tertentu pada bayi Anda.

Pemuas dahaga terbaik adalah air, jadi minumlah sebanyak-banyaknya—sekitar 6 hingga 8 gelas sehari. Cara mudah untuk selalu ingat minum adalah dengan meneguk segelas air setiap kali Anda duduk untuk menyusui bayi Anda. Hindari makanan berat yang bisa membuat bobot ibu naik (hamburger atau piza, misalnya). Sebaliknya, untuk merawat diri, makanlah camilan yang lebih ringan, termasuk makanan yang kaya air seperti buah-buahan dan sayuran, dengan sedikit pasta.

Jangan lupa juga bahwa kulit ibu membutuhkan kelembapan. Untuk membantu mencukupi kelembapan kulit dan untuk meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri, mandilah atau berendam. Selain membantu melembapkan kulit ibu, mandi atau berendam akan membantu untuk mengendurkan otot-otot yang terasa nyeri. Pastikan untuk menggunakan pembersih yang lembut dan melembapkan. Formula kaya dan lembut dari JOHNSON’S® baby TOP-TO-TOE wash dapat membantu memelihara dan melembutkan kulit Anda untuk melindunginya dari kekeringan.

Jika Anda melahirkan melalui operasi caesar, konsultasikanlah dengan dokter Anda tentang petunjuk mandi dan berendam yang tepat.

Sebagai cara untuk merawat diri, ingatlah untuk mengoleskan pelembap agar kulit ibu tidak kering setelah mandi. Pelembap seperti JOHNSON'S® baby Oil atau JOHNSON'S® baby Lotion juga dapat membantu mempertahankan kekencangan kulit ibu. Keduanya mengandung antialergi dan dilengkapi dengan formula lembut yang terbukti secara klinis. Pastikan juga ibu sudah keluar dari kamar mandi sebelum menggunakan produk yang mungkin licin.

Tidur

Ingat, ibu juga perlu tidur! Jangan menganggap tidur siang bayi Anda sebagai waktunya ibu untuk mengerjakan tugas-tugas rumah—luangkan waktu untuk tidur siang ketika bayi Anda tidur. Hindari minuman berkafein setelah makan siang. Buatlah kamar tidur ibu setenang dan senyaman mungkin. Anda akan tidur lebih baik jika kamar tidur terasa sejuk dan gelap.

Dengarkan musik, mintalah pasangan untuk memijat Anda, atau jika dokter Anda memperbolehkan, mandilah! Kenapa tidak mencoba JOHNSON'S® 3-step routine, untuk merawat diri? Ibu mungkin tidak mendapatkan tidur malam yang cukup dalam waktu dekat, tetapi setidaknya Anda dapat memanfaatkan kesempatan sekecil apa pun untuk tidur, meskipun hanya tidur siang.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas