Skip to main content
si-kecil-terkena-biang-keringat-ini-cara-tepat-merawatnya.png

Sedih ya, Bu, melihat si Kecil yang tadinya ceria kini sering menangis karena masalah biang keringat? Ya, hadir dengan rasa panas dan gatal di kulit, biang keringat memang dapat membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Itu sebabnya ia jadi sering rewel. Namun, jangan khawatir, Bu. Dengan menerapkan cara merawat kulit bayi yang tepat, biang keringat dapat segera diatasi.

Agar perawatan biang keringat yang Ibu berikan pada si Kecil bisa lebih maksimal, Ibu perlu mengetahui lebih dulu mengenai apa itu biang keringat dan penyebabnya.

Apa Itu Biang Keringat

Biang keringat adalah kondisi di mana kulit ditumbuhi bintik-bintik kecil berwarna kemerahan disertai rasa panas, perih, dan gatal. Hal ini terjadi karena kelenjar keringat di kulit tersumbat. Efeknya, keringat pun terjebak dan menumpuk di dalam kulit. Pada bayi, biasanya biang keringat muncul di bagian wajah, leher, dada, dan daerah-daerah lipatan kulit, seperti paha bagian dalam dan bokong. Udara panas, bahan baju yang tidak menyerap keringat dengan baik, dan cara merawat kulit bayi yang salah adalah beberapa faktor pemicu hadirnya biang keringat di kulit.

Mencegah Timbulnya Biang Keringat

Setelah mengetahui informasi umum serta faktor penyebabnya, sekarang Ibu dapat mencegah timbulnya biang keringat dengan langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Hindari memakaikan si Kecil baju-baju berbahan tebal atau ketat, dan jangan biarkan ia terlalu lama di dalam kereta bayi atau gendongan saat suhu udara sedang tinggi. Ingat, Bu, perpaduan antara memanasnya suhu tubuh dan minimnya sirkulasi udara bisa menyebabkan keringat terperangkap di kulit, sehingga risiko timbulnya biang keringat meningkat.
  • Minimalisir aktivitas outdoor si Kecil saat temperatur udara sedang naik, sebab hal ini bisa memicu si Kecil memproduksi lebih banyak keringat yang berpotensi menumpuk di kelenjar minyak. Salah satu cara untuk merawat kulit si Kecil agar terhindar dari biang keringat adalah dengan mengajaknya bermain di dalam ruangan saat cuaca terlalu panas. Dengan sedikit kreativitas, aktivitas indoor bisa jadi tak kalah menyenangkan kok, Bu. Membuat prakarya bersama atau menyusun puzzle jadi alternatif kegiatan yang bisa dicoba.  
  • Gunakan produk perawatan bayi yang aman untuk si Kecil dengan cara yang tepat. Misalnya, bedak bayi hanya boleh diaplikasikan jika kulit si Kecil sudah benar-benar kering & tidak lembap karena air; atau, baby lotion tidak boleh diberikan terlalu sering pada kulit bayi. 

Ketika Biang Keringat Telanjur Muncul

Jika biang keringat sudah telanjur menyerang dan membuat si Kecil merasa tak nyaman, berikut beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasinya:

  • Pilih sabun bayi dengan formula lembut untuk memandikan si Kecil, sehingga dapat membantu melembutkan kembali  dan menjaga kelembapan kulitnya. Setelah mandi, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh bayi dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan. Hindari menggosok permukaan kulit yang ditumbuhi biang keringat.
  • Taburkan area kulit si Kecil yang tengah terserang biang keringat dengan JOHNSON’S® baby powder untuk menurunkan suhu kulit dan mengurangi rasa gatal. Terbuat dari talk murni, JOHNSON’S® baby powder dengan wangi lembut yang menyegarkan, aman serta cocok untuk mencegah iritasi pada bayi.
  • Pastikan baju yang akan dikenakan si Kecil terbuat dari bahan yang lembut, tidak terlalu tebal, dan memungkinkan lancarnya sirkulasi udara.
  • Jika kondisi kulit tak juga membaik setelah tiga atau empat hari, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter.

Itulah beberapa poin seputar cara merawat kulit bayi sebelum dan saat terkena biang keringat. Semoga bermanfaat!

Kembali ke Atas