Skip to main content
tips-ciptakan-mandi-yang-menyenangkan-untuk-si-kecil.png

Meski belum banyak beraktivitas seperti orang dewasa, mandi secara rutin tetap diperlukan bayi agar kebersihan dan kesegaran tubuhnya terjaga, Bu. Sayangnya, tak semua bayi bisa menikmati momen mandinya, terlebih di pagi hari. Beberapa dari mereka terus menangis selama mandi, membuat Ibu terpaksa segera mengakhiri momen itu karena tak tega. Apa Ibu  termasuk orang tua yang sering berada di posisi ini? Jika ya, yuk, simak cara memandikan bayi yang benar berikut agar si Kecil bisa lebih menikmati momen mandinya!

  1. Pastikan Temperatur Air Tepat

Berbeda dengan kulit dewasa, kulit bayi cenderung lebih tipis dan sensitif, Bu. Hal ini tak hanya menyebabkannya rentan terhadap bahan-bahan kimia, tapi juga sensitif terhadap suhu. Inilah sebabnya mengecek suhu air sebelum memasukkan bayi ke bak mandi jadi tips memandikan bayi yang perlu diperhatikan pertama kali.

Terkait suhu air untuk memandikan si Kecil ini, para ahli menyarankan, air yang digunakan sebaiknya berada di kisaran suhu 32,2 – 37,8 derajat celcius. Angka ini dipilih karena mendekati temperatur normal tubuh manusia. Untuk memudahkan Ibu mengecek suhu air, jangan lupa gunakan termometer, Bu. Kini, beberapa termometer juga telah hadir dalam desain yang lucu dan menarik sehingga bisa turut menceriakan momen mandi si Kecil.

  1. Perhatikan Kedalaman Air

Selanjutnya yang juga penting diperhatikan terkait cara memandikan bayi yang benar agar si Kecil bisa menikmati momen mandinya adalah kedalaman air pada bak mandi. Sejumlah ahli menyarankan, untuk memandikan si Kecil di rentang usia 0-6 bulan, kedalaman air sebaiknya berada di kisaran angka 13 cm. Dengan begitu, tubuh bayi bisa terendam air dengan baik hingga sebatas pundak, dan risiko ia tersedak air saat mandi dapat diminimalisir. Ingat, Bu, sebisa mungkin hindari terjadinya hal-hal tak diinginkan selama mandi yang bisa membuat si Kecil trauma ya.

  1. Pilih Produk Khusus Bayi

Perlu diingat bahwa kulit si Kecil juga masih dalam proses berkembang , Bu. Karenanya, teliti dalam memilih produk yang digunakan juga termasuk salah satu cara memandikan si Kecil yang benar agar si Kecil bisa menikmati momen mandinya.

Pastikan produk yang Ibu pilih tak sekadar mampu membersihkan, tetapi juga aman dan nyaman bagi si Kecil, salah satunya adalah JOHNSON’S® baby 2 in1 TOP-TO-TOE® wash.

Didesain khusus sesuai karakteristik dan kebutuhan kulit si Kecil, JOHNSON’S® baby 2in1 TOP-TO-TOE® wash adalah pembersih 2in1 untuk rambut dan badan yang lembut dan sesuai untuk kulit dan mata bayi Anda yang sensitif. Formula NO MORE TEARS®  di dalamnya sama lembutnya seperti air murni yang menenangkan bayi saat mandi. Karena formulanya sangat ringan, produk ini bahkan digunakan oleh banyak rumah sakit untuk membersihkan kulit rambut bayi yang baru lahir.

Nah, Bu, itulah beberapa poin penting yang perlu diingat seputar cara memandikan bayi yang benar agar si Kecil bisa menikmati momen mandinya. Jangan lupa cari tahu informasi seputar perawatan bayi lebih banyak agar si Kecil bisa tumbuh dengan baik dan jadi anak yang membanggakan ya!

Kembali ke Atas