Skip to main content
header-tips-menstimulasi-otak-bayi-dengan-musik.png

Di samping memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, berolahraga rutin, serta menyiapkan perlengkapan perawatan bayi, bentuk persiapan untuk melahirkan lain yang tak boleh Ibu lewatkan adalah memberikan stimulasi yang cukup untuk si Kecil sejak dalam kandungan. Dalam hal ini, salah satu rangsangan yang bisa Ibu berikan adalah memperdengarkan musik klasik pada janin selama masa kehamilan. Hebatnya, aktivitas ini dapat memberikan pengaruh positif pada perkembangan janin dalam kandungan, antara lain mampu menstimulasi otak bayi dan membantunya tumbuh cerdas kelak.

Namun, bagaimana cara tepat menstimulasi janin dalam kandungan dengan musik? Simak uraian berikut untuk dapatkan jawabannya yuk, Bu!

Cara Menstimulasi Otak Janin dengan Musik

Sejak minggu ke-16, sistem pendengaran pada janin sudah terbentuk dan membuatnya mampu mendengar berbagai suara dari balik dinding perut Ibu. Karenanya, ini menjadi saat terbaik bagi Anda dan pasangan untuk mulai memperdengarkan musik sebagai salah satu bentuk persiapan jelang melahirkan. Ibu bisa mendengarkan musik klasik dengan headphone atau memutarnya melalui speaker dengan volume sedang. Sebaiknya hindari menempelkan headphone langsung ke perut Ibu karena dikhawatirkan akan membuat si Kecil menerima stimulasi secara berlebihan. Tak perlu terlalu lama, rangsangan dengan cara ini cukup dilakukan 30 menit per hari, baik di pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Yang penting, Ibu tidak tertidur selama musik diperdengarkan, agar emosi positif Ibu juga dapat memberikan pengaruh positif pada hormon Ibu dan pada pertumbuhan janin.

Selain hanya mendengar, bentuk persiapan sebelum melahirkan yang satu ini juga bisa Ibu lakukan secara aktif, bila Ibu bisa memainkan alat musik, seperti piano, biola, atau jenis alat musik melodis lainnya. Untuk musiknya sendiri, tak melulu harus musik klasik seperti Beethoven ataupun Mozart kok. Ibu boleh memilih karya musik siapa pun, sesuai selera Ibu.

Stimulasi Selain Musik

Sebagai bentuk persiapan untuk melahirkan, Ibu juga bisa memaksimalkan stimulasi pada si Kecil dalam kandungan lewat sentuhan menenangkan di area perut. Secara bergantian, Ibu dan Ayah bisa mengusap lembut area perut Ibu sambil mengajak si Kecil berbicara. Meski awalnya terasa aneh karena orang yang diajak berbicara tak terlihat wujudnya, seiring berjalannya waktu, momen ini dapat berubah jadi haru ketika sapaan-sapaan Ibu dan Ayah direspon oleh si Kecil lewat tendangan-tendangan lembut dari kaki mungilnya. 

Tak sekadar jadi cara menstimulasi si Kecil dalam kandungan sejak dini, mengusap perut selama masa kehamilan juga bisa menenangkan Ibu dan memperkuat ikatan emosional antara Ibu dan Ayah. Supaya sentuhan ini bisa memberi manfaat lebih, balurkan JOHNSON'S® baby lotion pada tangan sebelum mengusap perut. Mengandung formula lembut yang mudah meresap ke dalam kulit, lotion ini akan membantu kulit Ibu tetap lembut dan lembap selama kehamilan.

Nah, yuk jadikan musik, sentuhan, dan bentuk rangsangan lainnya sebagai bagian persiapan untuk melahirkan agar pertumbuhan si Kecil optimal sejak awal!

Kembali ke Atas