Skip to main content

Title

Bantu Bayi Tidur Nyenyak Saat Bepergian dengan Tips Ini

johnsons-baby-bantu-bayi-tidur-nyenyak-saat-bepergian-dengan-tips-ini.png

Memasuki musim liburan, tentu Ibu ingin menyempatkan diri dan keluarga untuk bertamasya ke luar kota sebagai pelepas stres. Namun, apa jadinya bila Ibu masih memiliki bayi yang belum pernah melakukan perjalanan jauh sama sekali? Menginap di tempat baru mungkin akan jadi hal yang kurang nyaman bagi si Kecil karena merasa kurang biasa tidur selain di rumah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu terapkan sebagai cara menidurkan bayi saat bepergian.

Perhatikan Jadwal Tidur si Kecil

Hal pertama yang wajib Ibu lakukan adalah memperhatikan jadwal tidurnya, bila perlu mencatatnya tiap saat. Bayi sering melakukan semua hal berdasarkan kebiasaan sehari-hari, termasuk jadwal tidurnya. Dengan memperhatikan jadwal tidur, Ibu setidaknya dapat memperkirakan waktu tidur sehingga tidak mempengaruhi aktivitas liburan keluarga nantinya.

Rencanakan Perjalanan di Waktu Tidur si Kecil

Umumnya tidak mudah untuk membantu si Kecil tidur selama perjalanan. Biasanya, bayi akan merasa bersemangat sehingga sulit untuk memintanya duduk tenang dan tidur. Hal ini tentu akan menyebabkan ia kelelahan sesampainya di tempat tujuan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan perjalanan di waktu tidurnya, setidaknya satu atau dua jam sebelum waktu tidur. Bila perjalanan malam sulit diwujudkan, maka lakukanlah perjalanan di jam-jam tidur siangnya. 1-2 jam tetaplah berarti bagi si Kecil untuk tidur dan beristirahat di tengah perjalanan yang melelahkan.

Bawa Barang Favorit si Kecil

Si Kecil mungkin suka membawa boneka atau bantal kesayangan sebelum tidur. Jangan lupa membawanya ketika Ibu dan keluarga melakukan perjalanan jauh. Barang kesukaannya akan membantunya untuk tidur lebih nyaman seperti berada di rumah. Bila perlu, bawa juga musik nina bobo atau white noise untuk menenangkan si Kecil selagi ia mulai mengantuk dan tidur. Usahakan semaksimal mungkin untuk menciptakan lingkungan yang mirip dengan kondisi kamarnya di rumah.

Pastikan si Kecil Tidur dengan Posisi yang Nyaman

Posisi tidur bayi juga akan mempengaruhi kenyamanan tidur selama perjalanan. Untuk itu, rencanakan posisi duduk keluarga. Pastikan bayi mendapatkan ruang tidur di dalam kendaraan. Tak hanya itu, posisi bayi ketika tidur di kamar penginapan juga perlu diperhatikan. Pastikan ia tidur dengan kondisi yang nyaman. Bila ia tidur satu tempat tidur dengan Ibu dan Ayah, pastikan ada ruangan baginya untuk bergerak bebas. Akan sangat berguna bila Ibu membawakan ia baby crib sendiri sehingga bayi dapat Ibu tempatkan di situ. Dengan begitu, Ibu dan Ayah tetap mendapatkan ruang untuk tidur setelah aktivitas yang melelahkan sepanjang liburan.

Minta Bantuan Ayah atau Anggota Keluarga Lainnya

Setelah perjalanan yang panjang, pastinya melelahkan sekali ketika Ibu harus mengurus bayi sendiri. Jika Ibu bepergian bersama Ayah atau anggota keluarga lainnya, sebaiknya minta bantuan mereka juga, ya. Ayah dapat membantu Ibu membawakan perlengkapan bayi, sedangkan kakak atau pamannya bisa membantu Ibu menunggu bayi selagi harus meninggalkannya sejenak. Dengan begitu, waktu tidur si Kecil pun kemungkinan besar tidak terganggu.

Selain dengan lima cara tadi, kenyamanan jelang waktu tidur si Kecil juga bisa Ibu berikan lewat aroma menenangkan dari JOHNSON’S®bedtimeTM baby lotion. Tahukah, Ibu? Baby lotion yang satu ini mampu membantu bayi tidur lebih nyenyak karena diperkaya Natural Calm dengan wangi lembut yang menenangkan, sekaligus dapat menjaga kelembapan kulit bayi.

Yuk, praktikkan cara di atas dan bantu si Kecil tidur lebih nyenyak selama bepergian!

Kembali ke Atas