Skip to main content
header-kreasi-alat-musik-sederhana-dari-benda-benda-di-rumah.png

Penggunaan bedak bayi sebagai salah satu produk perawatan kulit untuk si Kecil tentu sudah tak lagi asing. Selain menjaganya agar tetap segar saat beraktivitas, bedak juga dapat membantu mencegah adanya biang keringat karena udara yang panas terutama ketika si Kecil sedang bermain.  Namun, kesehatan anak tentu tak hanya diukur dari kondisi kulitnya. Indikator lain yang perlu Ibu perhatikan adalah kelincahan tubuhnya dan kreativitasnya saat bermain, karena hal ini dapat menunjukkan bahwa ia sehat secara fisik dan juga psikologis.

Itulah sebabnya penting bagi Ibu untuk terus merangsang kreativitasnya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak si Kecil untuk membuat sendiri mainan untuk menemani aktivitasnya. Salah satu mainan yang bisa Ibu buat adalah kreasi berupa alat musik sederhana menggunakan benda-benda yang ada di rumah ataupun hasil kerajinan dari botol bedak bekas. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Ukulele dari kotak tisu

Salah satu alat musik sederhana yang bisa Ibu buat adalah gitar kecil atau ukulele yang terbuat dari kotak tisu bekas. Cara membuatnya pun cukup mudah, Ibu hanya perlu menyiapkan beberapa hal berikut:

  •  
  • Kotak tisu bekas.
  • Karton tisu gulung bekas atau botol bedak bayi (jika ingin menambahkan gagang pada ukulele).
  • Karet gelang sekitar 4-5 buah.
  • Lem atau double tape.
  • Kertas karton.
  • Stiker dan peralatan mewarnai (krayon atau pensil warna) untuk hiasan.
  • Gunting.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, buat pola pada kertas karton mengikuti lubang yang terdapat pada kotak tisu. Setelah itu, gunting dengan rapi.
  2. Selanjutnya, tempel karton mengelilingi kotak tisu sehingga seluruh sisinya tertutup dengan kertas (kecuali bagian lubang yang sudah Ibu buat).
  3. Jika masih ada karton sisa, Ibu bisa membungkus karton tisu gulung untuk dijadikan gagang ukulele. Ibu juga bisa menggunakan botol bedak bayi yang sudah tak terpakai untuk menambahkan bagian ini. Kemudian, tempelkan pada salah satu sisi kotak tisu sehingga terlihat menyerupai gitar kecil atau ukulele.
  4. Setelah badan ukulele selesai, kini saatnya untuk menempelkan karet gelang sebagai senar. Sebelumnya, gunting terlebih dahulu karet gelang baru kemudian tempel dengan menggunakan lem atau double tape yang sudah disiapkan.
  5. Kini, ukulele si Kecil sudah jadi. Supaya penampilannya lebih menarik, Ibu bisa menambahkan hiasan berupa stiker atau gambar dengan menggunakan alat mewarnai.
  1. Seruling dari sedotan

Selain membuat alat musik petik, Ibu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah untuk dijadikan alat musik tiup seperti seruling. Apa saja yang perlu Ibu siapkan?

  •  
  • 11 buah sedotan.
  • Gunting.
  • Lem.
  • Selotip bergambar atau pita.

Cara membuat:

  1. Hal pertama yang perlu Ibu lakukan adalah memotong sedotan pertama sepanjang 2,5 cm dan kelipatannya untuk sedotan selanjutnya. Jadi, nantinya Ibu akan memotong sedotan pertama sepanjang 2,5 cm, kemudian 5 cm untuk sedotan kedua, 7,5 cm pada sedotan ketiga, dan seterusnya.
  2. Setelah jadi, mintalah si Kecil untuk menjejerkan sedotan tersebut secara berurutan dari yang terpanjang hingga terpendek. Kemudian, Ibu bisa mulai memberikan lem pada pada sela-sela sedotan.
  3. Untuk mempercantik alat musik tiup ini, Ibu bisa menempelkan selotip bergambar atau pita untuk mengelilingi seruling yang sudah Ibu buat.

Kini, Ibu dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang si Kecil dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar Ibu. Dengan menerapkan cara merawat kondisi kulit bayi, Ibu pun dapat menjaganya tetap bersemangat untuk bermain dan belajar.

Saat bermain, anak akan cenderung berkeringat. Oleh sebab itu, sering kali muncul bau asam akibat keringat yang bercampur dengan bakteri pada tubuh si Kecil. Supaya ia tetap wangi segar saat bermain, Ibu bisa memakaikan JOHNSON’S® baby cologne happy berries™ setelah si Kecil mandi atau sebelum bermain.

Tak lupa, pakaikan juga bedak bayi JOHNSON’S® Active Fresh™ baby powder pada kulit si Kecil untuk menjaganya tetap segar sat bergerak. Selain itu, formula teknologi  Active Fresh™ di dalamnya,  dapat membantu menetralkan bau asam sehingga si Kecil tetap wangi segar meski berkeringat.

Kembali ke Atas