Skip to main content

Title

Latih Kemampuan Mendengar si Kecil Lewat 5 Aktivitas Ini

johnsons-baby-latih-kemampuan-mendengar-si-kecil-lewat-5-aktivitas-ini.png

Mengingat si Kecil membutuhkan kemampuan mendengar yang baik untuk menunjang proses belajarnya, Ibu perlu menstimulasi indra pendengarannya sejak dini supaya bisa berfungsi dengan baik. Hal ini bisa Ibu lakukan lewat berbagai aktivitas menyenangkan, lho. Penasaran apa saja?

  1. Lebih Sering Ajak si Kecil Berbicara

Karena berfungsi menangkap bunyi dan suara, indra pendengaran akan semakin terlatih bila sering dirangsang dengan suara dan bunyi-bunyian, Bu. Oleh sebab itu, lebih sering mengajak balita berbicara adalah salah satu cara paling sederhana untuk melatih kemampuan mendengarnya. Ibu bisa membicarakan apa saja, mulai dari kegiatan-kegiatan yang sudah Ibu lakukan sejak pagi hingga apa saja yang akan Ibu lakukan esok hari. Namun, ada yang perlu diperhatikan, Bu. Mengingat di usia balita kini si Kecil amat senang meniru Ibu, pastikan kata-kata yang Ibu ucapkan adalah kata-kata yang baik, ya.

  1. Perdengarkan Lagu pada si Kecil

Bila si Kecil gemar menari, memperdengarkan lagu dengan irama nan asyik bisa menjadi cara menyenangkan untuk melatih kemampuan mendengarnya. Mengapa? Sebab, menurut pengamatan Eve Ackert, seorang guru di sebuah lembaga pendidikan untuk anak usia dini di Connecticut, Amerika Serikat, saat mempelajari gerakan tari untuk setiap lagu, anak-anak secara tak langsung juga berusaha mendengarkan lirik lagunya dengan saksama, Bu.

  1. Ajak si Kecil Menonton Video

Apa si Kecil memiliki kartun atau serial favorit di TV, Bu? Jika iya, momen saat ia menikmati tayangan favoritnya juga bisa Ibu manfaatkan untuk melatih kemampuan mendengarnya, lho. Caranya, duduklah di dekat si Kecil dan temani ia menonton TV. Kemudian, sesekali ajukan pertanyaan padanya terkait tayangan yang tengah ia saksikan.

  1. Bacakan Buku Cerita Secara Rutin

Melatih kemampuan mendengar anak juga bisa Ibu lakukan dengan membacakan buku cerita untuknya secara rutin. Untuk mencari tahu sejauh apa si Kecil memahami dan mendengarkan cerita Ibu, berikan ia pertanyaan setiap Ibu hendak melanjutkan cerita ke halaman berikutnya. Misalnya, Ibu bisa berkata, “Menurut Adik, apa yang akan terjadi selanjutnya?”

  1. Ajak si Kecil Memasak Bersama

Terakhir, Ibu juga bisa melatih kemampuan mendengar si Kecil dengan mengajaknya memasak bersama. Caranya, ambil sebuah buku resep dan tentukan hidangan yang akan dimasak. Bacakan daftar bahan-bahan dan alat yang perlu disiapkan dengan suara lantang, lalu instruksikan si Kecil untuk mengambilnya, Bu.

Seperti halnya kemampuan mendengar, kesehatan dan keindahan rambut si Kecil juga perlu Ibu perhatikan dengan baik. Oleh sebab itu, pilihlah shampoo dan conditioner yang lembut untuk merawat rambut si Kecil, ya. Terkait hal ini, JOHNSON'S® SHINY DROPS™ Kids Shampoo dan JOHNSON'S® SHINY DROPS™ Kids Conditioner bisa menjadi pilihan. Diperkaya Argan oil, shampoo dan conditioner yang tidak pedih di mata ini akan membantu membuat rambut si Kecil semakin sehat, halus, lembut, dan tampak makin bersinar.

Nah, yuk, praktikkan 5 cara menyenangkan di atas untuk melatih kemampuan mendengar si Kecil supaya perkembangan balita semakin optimal!


 

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas