Skip to main content
header-tips-mempersiapkan-si-kecil-bersosialisasi-di-playgroup.png

Sesaat lagi si Kecil akan memasuki usia sekolah, sehingga ia tentu membutuhkan dukungan Ibu lebih banyak lagi. Selain dalam hal persiapan fisik seperti saat hendak mandi, meratakan bedak bayi ke tubuh mungilnya, atau mengenakan tas dan sepatu, ia juga perlu didukung secara psikologis agar siap terjun ke lingkungan baru di sekolah nanti. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut untuk mempersiapkan si Kecil bersosialisasi di playgroup yuk, Bu:  

  1. Perbanyak Frekuensi Latihan Bersosialisasi

Beradaptasi dengan lingkungan baru playgroup bisa jadi cukup sulit bagi anak, bahkan meski ia sudah terbiasa dititipkan di daycare sebelumnya. Agar hal ini tak membuat si Kecil merasa tertekan, jelang hari pertamanya masuk sekolah, ajaklah ia ke tempat-tempat umum yang memungkinkannya bertemu banyak orang baru. Misalnya taman bermain atau taman umum di komplek tempat Ibu tinggal. Makin sering bertemu dengan orang-orang baru, si Kecil akan semakin terbiasa sehingga tak canggung lagi menghadapi hari pertama sekolah nanti.

  1.  Ceritakan Serunya Aktivitas di Sekolah

Berikan ia gambaran seputar hal-hal yang akan dijalani nanti. Misalnya dengan mengatakan, “Di sekolah nanti, Adik akan bertemu banyak teman baru dan Ibu guru. Kamu juga akan melakukan banyak hal seru seperti mewarnai, menggambar, dan bermain. Menyenangkan sekali, lho!”. Nah, untuk mendukung gambaran yang Ibu berikan ini, tak ada salahnya mengajak ia berkunjung ke lingkungan sekolah sebelum hari pertamanya tiba.

  1. Manfaatkan Sesi Bercerita Sebelum Tidur

Meyakinkan si Kecil bahwa hari-harinya di sekolah akan berjalan menyenangkan juga bisa anda lakukan lewat cerita, Bu. Berikan ia sebuah kisah tentang sekolah baru yang menyenangkan. Lakukan hal ini sembari melakukan ritual jelang tidur seperti membalurkan bedak bayi beraroma ke atas tubuhnya. Selain membantu ia lebih siap menghadapi hari pertamanya nanti, cerita Ibu juga sekaligus mencerdaskan si Kecil karena mengasah imajinasi dan memperbanyak kosa kata yang dimilikinya.

  1. Persiapkan Si Kecil Sebelum Berangkat Sekolah

Persiapan yang baik setiap hari jadi kunci si Kecil siap untuk bersosialisasi. Maka dari itu, pastikan ia cukup istirahat di malam sebelumnya, mandi dengan bersih sebelum ke sekolah, serta tak melewatkan sarapan pagi dengan menu bergizi.  Satu hal lagi, jangan lupa aplikasikan bedak khusus bayi di tubuh si Kecil setelah ia mandi, Bu. Bedak bayi akan membantu menjaga kesegaran kulit buah hati serta membantu meminimalisir risiko biang keringat saat ia banyak beraktivitas di luar nanti.

Hadir dengan formula teknologi  Active FreshJOHNSON’S® Active Fresh baby powder bisa jadi pilihan. Selain terbukti klinis lembut untuk kulit si Kecil, bedak bayi dari JOHNSON’S®  ini membantu menetralkan bau asam serta memberikan wangi yang segar tiap kali si Kecil berkeringat sehingga ia tetap harum sepanjang hari. Berikan juga si Kecil Johnson’s baby cologne Happy Berries secukupnya agar keharumannya lebih tahan lama.

Selamat mempersiapkan si Kecil menghadapi hari pertama sekolah, Bu!

Kembali ke Atas