Skip to main content

Title

4 Alasan Ibu Perlu Menjalin Ikatan Emosional dengan Bayi Sejak Dini

johnsons-baby-4-alasan-ibu-perlu-menjalin-ikatan-emosional-dengan-bayi-sejak-dini.png

Supaya si Kecil bisa tumbuh dengan optimal, Ibu tentu selalu berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya sejak ia lahir. Namun, tahukah Ibu? Selain lewat cara ini, mengoptimalkan perkembangan si Kecil juga bisa dilakukan dengan menjalin kedekatan emosional dengannya sejak dini.

Bagaimana caranya? Yuk, lebih sering melakukan kontak langsung, kontak mata, serta memberikan pelukan hangat untuk si Kecil! Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, jalinan emosional yang kuat antara Ibu dan si Kecil tak sekadar membuat bayi merasa dicintai, tetapi juga membawa berbagai manfaat lain untuknya, yaitu:

  1. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

Penelitian mengungkapkan, bayi baru lahir memiliki sekitar seratus juta sel pada otaknya. Meski begitu, sel-sel ini belum saling terhubung dan berfungsi dengan baik, Bu. Seiring bertambahnya usia bayi, sel-sel pada otaknya memang akan semakin matang dan perlahan saling terhubung. Namun, proses ini bisa terjadi lebih cepat jika Ibu dan si Kecil lebih sering berinteraksi dan memiliki jalinan emosional yang kuat.

Alasannya, saat melakukan kontak dengan Ibu, tubuh si Kecil terpicu untuk mengeluarkan  hormon oksitosin yang membuatnya merasa bahagia dan tenang. Keadaan ini membuat denyut jantung si Kecil semakin stabil, sehingga oksigen dan sari-sari makanan pada darah bisa tersebar dengan baik ke seluruh organ tubuh bayi, termasuk otak. Dengan begitu, otak si Kecil pun bisa berkembang lebih optimal.

  1.  Meningkatkan Kinerja Sistem Imun Tubuh si Kecil

Jalinan emosional yang kuat antara Ibu dan si Kecil juga bisa membuat bayi senantiasa merasa nyaman berada di dekat Ibu. Para peneliti menemukan, semakin bayi merasa nyaman, ia akan cenderung lebih banyak mengonsumsi ASI, Bu. Hal ini akan membantu sistem imun tubuh si Kecil semakin kuat, sebab ASI mengandung beragam vitamin, mineral, dan zat antibodi yang dibutuhkan bayi di tahap awal kehidupannya.

  1. Membantu Bayi Mencapai Berat Badan Ideal

Sebuah studi yang dipublikasikan di Neonatal Network juga menyebutkan, semakin sering Ibu dan bayi berinteraksi lewat sentuhan dan pelukan, si Kecil akan lebih mudah mencapai berat badan ideal sesuai tahapan usianya. Penjelasannya, kontak langsung atau bersentuhan dengan Ibu dapat membantu tubuh si Kecil senantiasa hangat. Dengan begini, energi yang semestinya bayi gunakan untuk menghangatkan tubuhnya bisa ia gunakan untuk tumbuh dan berkembang.

  1. Menumbuhkan Rasa Percaya si Kecil pada Ibu Sejak Dini

Terakhir namun tak kalah penting, ikatan emosional yang kuat juga mampu menumbuhkan rasa percaya si Kecil pada Ibu sejak dini. Artinya, secara emosional, si Kecil meyakini bahwa Ibu adalah sosok yang bisa ia andalkan dalam segala situasi. Keyakinan semacam ini penting dibangun sejak dini karena akan membantu memudahkan Ibu merawat bayi baru lahir dan mendampingi si Kecil di tiap tahap tumbuh kembangnya.

Contohnya, sewaktu si Kecil mulai belajar berjalan. Bila ia sudah benar-benar percaya pada Ibu, ia akan lebih percaya diri melangkahkan kaki selama Ibu menjaganya. Sebab, si Kecil tahu, ia tak akan terjatuh karena Ibu selalu mengawasinya.

Itulah beberapa manfaat menjalin ikatan emosional dengan bayi sejak dini, Bu. Di samping lewat pelukan hangat, ikatan dengan si Kecil juga bisa Ibu pererat lewat rutinitas pijat setiap ia selesai mandi, lho. Terkait hal ini, Ibu bisa menggunakan JOHNSON’S® milk + rice baby lotion agar sesi pijat semakin menyenangkan. Mengandung protein susu murni dan nutrien beras, baby lotion dari JOHNSON’S® ini akan sekaligus membantu menutrisi kulit si Kecil agar tetap sehat, lembap, dan halus seharian.

Selamat menjalin ikatan emosional lebih dalam lagi bersama buah hati kesayangan Ibu!

Kembali ke Atas