Skip to main content
bayi-usia-14-bulan-si-kecil-mandiri-header-image.jpg

Si Kecil usia 14 bulan umumnya sudah bisa mengekspresikan diri dengan baik dan benar. Mereka misalnya, sudah mampu melambaikan tangan sambil mengucapkan “dah” dan sudah mulai memahami instruksi sederhana meski tak selalu menurutinya.

Si Kecil juga mungkin kini lebih menyukai minum dengan cangkir. Meski kebanyakan di usia ini sudah beralih menggunakan cangkir, jangan terlalu khawatir jika kesayangan Bunda masih lebih nyaman minum dari botol.

Perkembangan signifikan lainnya bisa ditemukan pada kemampuannya untuk berdiri, bahkan berjalan, yang tidak lagi mengandalkan orang lain. Kemungkinan ia akan memadukan kemampuan bergeraknya – berjalan, merangkak, dan berguling - untuk menjelajahi seluruh ruangan di dalam rumah.

1. Normalkah Tumbuh Kembang si Kecil Usia 14 Bulan Anda?

  • Kemandirian adalah salah satu ciri utama dari kemampuan motorik si Kecil usia 14 bulan. Selain mampu makan dengan memakai peralatan makan secara mandiri, ia juga mulai bisa ditinggal untuk bermain sendiri dalam waktu singkat. Hanya saja, Bunda tentu harus tetap waspada jika meninggalkan si Kecil sendirian.
  • Komunikasi verbal dengan si Kecil mungkin akan lebih baik karena ia sudah mampu mengatakan kata “tidak”. Kata itu mungkin akan sering sekali diucapkan oleh si Kecil untuk menegaskan bahwa ia bisa mandiri. Di masa ini, si Kecil mungkin akan mengukur seberapa kuat Bunda dalam menerapkan aturan kepadanya. Karena kata-katanya masih terbatas, wajar jika si Kecil masih menggunakan gerakan tangan atau tubuh untuk mengungkapkan keinginannya.

2. Pola Makan Bayi Usia 14 Bulan Sudah Seperti Ayah dan Bunda

  • Menginjak usia 14 bulan, apa yang dikonsumsi oleh si Kecili kemungkinan besar bisa disamakan dengan apa yang dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Jika sebelum usia setahun si Kecil sangat tergantung pada ASI atau susu formula, kini ia harus dibiasakan menjalani pola makan seimbang.
  • Pola makan gizi seimbang penting bagi si Kecil karena ia harus mendapatkan nutrisi dan kalori guna menunjang tumbuh kembangnya. Di usia ini, si Kecil hanya membutuhkan sekitar 1000 kalori setiap harinya. Jadi, Bunda jangan terlalu berharap ia akan makan banyak. Yang sebaiknya dilakukan adalah memberikan makan dengan jadwal teratur yaitu 3 kali sehari yang diselingi 2 kali memberikan camilan.

3. Berikan Produk Perawatan Rambut yang Baik

  • Menginjak bulan ke-14, si Kecil umumnya akan mulai memiliki pertumbuhan rambut yang lebih baik daripada sebelumnya. Rambut yang baik ditandai dengan warna lebih gelap, tumbuh lebih tebal, dan memiliki tekstur halus.
  • Untuk menunjang pertumbuhan rambut si Kecil, Bunda sebaiknya memilih produk yang tepat. Salah satunya tanda shampoo yang diberikan memiliki mutu yang baik adalah mampu membersihkan rambut dan kulit kepala tanpa menyebabkan kulit kepala menjadi kering.

Bunda sebaiknya selalu memakai produk yang lembut di mata si Kecil demi kenyamanan dan keamanannya.

 

Source :

https://www.livestrong.com/article/424846-what-is-a-meal-plan-for-a-14-month-old-child/

https://www.babycentre.co.uk/a5171/your-14-month-olds-development

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-13-to-15-months-babys-first-steps/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/14-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5171/your-14-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas