Skip to main content
bayi-usia-15-bulan-cukupi-kalsium-agar-header-image.jpg

Si Kecil di usia 15 bulan umumnya sudah mahir berjalan tanpa bantuan. Bahkan, sambil berjalan ia mungkin sudah mampu mendorong dan menarik mainannya sendiri sebagai cara untuk mempertahankan keseimbangannya.

Agar saat berjalan seimbang, memanfaatkan mainan bukanlah satu-satunya cara. Si Kecil mungkin saja akan merentangkan tangannya bak sayap demi menjaga keseimbangan. Saking mahirnya ia berjalan, tangga mungkin akan menjadi tempat kesukaannya untuk mempraktikkan keterampilannya ini.

Di usianya yang sekarang, si Kecil juga mungkin akan mengalami tumbuh gigi kembali. Karena proses ini, si Kecil kemungkinan besar akan mengalami hal tidak menyenangkan. Tentu saja hal ini akan berimbas kepada Bunda. Jangan panik jika bayi kemudian hilang nafsu makan saat giginya bagian belakangnya tumbuh.

1. Seberapa Tangkas Si Kecil di Usia 15 Bulan?

  • Ketangkasan alias keahlian motorik si Kecil juga semakin berkembang dan mungkin tanpa diduga sebelumnya. Kini, ia sudah mampu mengikuti perintah sederhana dari orang-orang di sekitarnya. Kemampuannya semakin menggemaskan karena ia sudah mampu meniru tingkah laku orang dewasa, terutama saat ia sedang bermain.
  • Kemampuan komunikasi si Kecil di usia ini ditandai dengan kemampuannya mengekspresikan dengan baik apa yang ia kehendaki. Nada bicaranya juga akan disesuaikan dengan maksud yang hendak ia ungkapkan. Demi menjelaskan kondisi yang ia inginkan, si Kecil akan menggunakan tangan sebagai alat bantu.

2. Penuhi Kebutuhan Kalsium Si Kecil di Usia 15 Bulan

  • Bunda sebaiknya memastikan bahwa si Kecil terpenuhi kebutuhan kalsiumnya. Ini penting agar kekuatan tulangnya optimal. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa makanan yang bisa dijadikan pilihan adalah susu, yogurt, dan keju.
  • Tetap berhati-hati saat memberikan makanan kepada si Kecil terutama dari risiko tersedak. Sebaiknya makanan yang diberikan dipotong kecil-kecil karena selain menghindarkannya dari risiko tersedak juga akan lebih mudah dipegang olehnya. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar si Kecil tidak tersedak adalah anggur, permen, dan popcorn.

3. Bantu Si Kecil Mendapatkan Tidur Nyenyak

  • Tumbuhnya gigi bagian belakang selain membuat proses mengunyah makanan tak lagi nyaman, juga berpotensi mengganggu kualitas tidur si Kecil. Untuk itulah, Bunda sebaiknya membantu ia agar bisa tidur lelap. Kita semua tahu bahwa kualitas tidur yang baik juga berperan vital bagi tumbuh kembang bayi.
  • Agar si Kecil bisa tidur dengan lelap, taburkan bedak si Kecil sebelum ia tidur bisa menjadi pilihan. Pilihlah bedak dengan kandungan natural yang memberikan wangi lembut menenangkan untuk si Kecil.

Wangi bedak yang menenangkan inilah yang bisa membuat istirahat si Kecil di usia 15 bulan yang sedang tumbuh gigi menjadi lebih baik.

 

Source :

https://www.webmd.com/parenting/guide/sleepy-time-and-nap-issues

https://www.babycentre.co.uk/a5172/your-15-month-olds-development

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-13-to-15-months-babys-first-steps/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/15-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5172/your-15-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas