Skip to main content
bayi-usia-20-bulan-mahir-dalam-berbagai-hal-header-image.jpg

Si Kecil di usia 20 bulan kemungkinan besar sudah mahir berjalan tanpa bantuan orang tua. Bahkan, ia tak perlu lagi meregangkan tangannya untuk menjaga keseimbangan tubuh. Di usia ini, kesabaran makin diuji olehnya.

Tahap ini, si Kecil mungkin akan mulai senang melompat meski hal itu masih sulit dikuasainya tanpa bantuan. Salah satu benda favoritnya di usianya yang ke-20 bulan adalah bola. Ia mungkin sudah mampu menendang dan melempar bola meski belum terlalu pandai.

Di usia ini umumnya si Kecil sangat senang berinteraksi dengan Bunda. Ia akan bahagia jika mendapat pujian dari orang tua atas jerih payahnya dalam berperilaku, seperti mau membuang sampah ke dalam tong sampah. Langkah-langkah kecil lain yang menunjukkannya memiliki niat mulia antara lain membantu Bunda menyapu atau melakukan kegiatan bersih-bersih lainnya.

1. Seberapa Lincah si Kecil di Usia 20 Bulan?

  • Bunda nikmatilah masa-masa yang menyenangkan ini. Selain itu, di usia ini si Kecil umumnya memiliki energi yang tak ada habisnya.  Oleh karena itu, wajar jika menghadapi si Kecil membutuhkan kesabaran lebih.
  • Kemampuanmotorik si Kecil selain disinggung di atas, juga ditandai dengan kemampuannya memanjat. Ini merupakan keahlian yang sebaiknya diwaspadai karena ia mungkin akan menggunakan berbagai cara untuk meraih objek yang menarik perhatiannya meski terletak di area yang cukup tinggi. Meski terkesan membahayakan, kemampuannya memanjat ini penting untuk melatih sistem koordinasi tangan dan mata serta keseimbangan tubuhnya.
  • Komunikasi si Kecil mungkin sangat terbatas menurut orang dewasa, namun apa yang diucapkannya bisa jadi merupakan kalimat utuh. Si Kecil mungkin sudah bisa membuat kalimat pendek sederhana seperti “Ini ayah” atau “Itu topi Mama.” Teruslah berbincang dengan si Kecil karena kata-kata baru yang ia dengar akan ditampung untuk memperkaya kosa katanya.

2. Cukupi Kebutuhan Energi Si Kecil Usia 20 Bulan

  • Untuk menunjang aktivitasnya yangsemakin tinggi, Bunda sebaiknya memberikan camilan yang cukup. Hal ini layak dilakukan mengingat kebutuhan si Kecil untuk pemasok energi tidak lagi bisa mengandalkan makan besar 3 kali sehari. Umumnya, di usia ini dia membutuhkan suguhan camilan 2 atau 3 kali di sela-sela antara waktu makan.
  • Usahakan untuk menghindarkan si Kecil dari makanan yang manis-manis. Ini akan sangat bermanfaat untuk gigi si Kecil. Selain itu, kebiasaan mengurangi asupan gula berguna untuk membentuk pola makan sehat kepadanya. Adapun makanan ideal bagi si Kecil adalah keju, irisan buah segar, dan sayuran.

3. Bersihkan Si Kecil dengan Tepat

  • Si Kecil yang lincah dan penjelajah membuat Bunda harus pintar menjaga kebersihan tubuhnya. Karenanya, jangan gunakan sabun mandi sembarangan saat memandikannya. Usahakan sabun yang dipakai terbukti secara klinis mampu membuat si Kecil memiliki wangi menyegarkan yang lebih lama.
  • Sabun yang berkualitas akan menghilangkan bau asam akibat keringat pada si Kecil. Meski mampu menghilangkan bau asam dan memberi kesegaran lebih lama, sabun yang baik juga harus lembut dan melindungi kulitnya dari kekeringan di usia 20 bulan.

 

Source :

https://www.babycentre.co.uk/a5177/your-20-month-olds-development

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-19-to-21-months-curiosity-and-independence/

https://www.babycenter.com/0_your-20-month-olds-language-and-cognitive-development-making_1273325.bc

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/20-month-old

https://www.livestrong.com/article/156594-things-that-a-20-month-old-baby-should-learn/

https://www.babycentre.co.uk/a5177/your-20-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas