Skip to main content
bayi-usia-21-bulan-si-kecil-sudah-bisa-diarahkan-header-image.jpg

Saat si Kecil berusia 21 bulan suka membantu Bunda melakukan berbagai pekerjaan rumah dan mengatur perabotan. Beberapa furnitur rumah seperti meja dan kursi juga menjadi tempat main favoritnya.

Bunda sudah bisa mulai mengajarkan pola hidup teratur kepada si Kecil. Jika Bunda berhasil melakukannya, tentu hal ini akan membuat si Kecil dan Bunda jadi lebih mudah menjalani kehidupan sehari-hari.

Beberapa rutinitas yang bisa Bunda ajarkan sejak dini antara lain memakai pakaian, mencuci dan mengeringkan tangan, serta menyikat gigi. Dalam menekankan disiplin ini, Bunda tak perlu kaku menerapkan aturannya. Yang penting, si Kecil mau melakukan urutan kegiatan tersebut dalam waktu yang kurang lebih sama tiap hari.

1. Jangan Kaget dengan Pertumbuhan Si Kecil Usia 21 Bulan

  • Dalam bermain, si Kecil sudah mampu mengurutkan dan mengatur mainan dengan baik. Ia juga sudah bisa memainkan peran dalam permainan. Yang luar biasa, bayi mungkin juga sudah bisa berjalan mundur. Di usia ini, ia kemungkinan besar akan melakukan berbagai eksperimen terhadap mainan untuk memuaskan keingintahuannya.
  • Aneka cara akan dilakukan si Kecil terhadap mainannya guna mencari tahu fungsi mainan tersebut. Ia akan dengan senang hati mencari tahu apa yang terjadi jika ia memencet tombol, membantingnya ke lantai, bahkan merasakan dengan indra penciumannya. Demi memuluskan pencarian si Kecil, Bunda sebaiknya memberi mainan yang tahan lama dan aman.
  • Komunikasi si Kecil sudah berkembang pesat karena selain sudah mampu menyebutkan anggota tubuhnya, ia juga sudah bisa menyebutkan atau menunjuk bagian-bagian dari sebuah benda seperti boneka. Cobalah Bunda mengobati rasa penasarannya dengan menggambar lingkaran. Ia mungkin akan menirunya meski di usia 21 bulan ia lebih mahir dalam menggambar garis vertikal.

2. Sudah Bisa Mengonsumsi Menu Seperti Bunda

  • Di masa ini, si Kecil mungkin masih mengalami penurunan nafsu makan. Bunda bersabar ya, jangan sampai saat ia menolak makan malah membuat si Kecil merasa dimusuhi. Daripada memarahinya, Bunda lebih baik memujinya saat ia makan menu sehat yang disajikan.
  • Yang harus Bunda perhatikan adalah frekuensi makan si Kecil. Di usianya ini, ia sudah seharusnya makan 3 kali sehari ditambah makan camilan 2 kali sehari di antara waktu makan. Usahakan memberikan si Kecil makanan bervariasi yang terbuat dari semua kelompok bahan makanan mulai dari sayur, buah, biji-bijian, daging atau sumber protein lainnya, dan susu.

3. Bunda, Lakukan Perawatan Berikut untuk si Kecil Usia 21 Bulan

  • Salah satu keahlian yang mungkin bisa diperkenalkan pada si Kecil adalah berenang. Banyak ahli menyarankan hal ini agar bayi lebih nyaman saat berada di dalam air. Kegiatan ini akan sangat berguna jika si Kecil cenderung malas atau susah mandi.
  • Saat atau setelah berenang, tentu saja Bunda sebaiknya memandikan si Kecil dengan sabun mandi yang membersihkan kulit secara menyeluruh. Pilihlah sabun yang terbukti secara klinis lembut untuk kulit si Kecil.

Dengan sabun yang memiliki wangi segar tahan lama ini, Bunda akan memiliki waktu mandi yang lebih menyenangkan bersama si Kecil usia 21 bulan.

 

Source :

https://www.babycenter.com/0_your-21-month-olds-language-and-cognitive-development-attent_1273339.bc

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/21-month-old

https://www.parents.com/baby/development/21-month-old-child-development/

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-19-to-21-months-curiosity-and-independence/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/21-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5178/your-21-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas