Skip to main content
bayi-usia-9-bulan-daya-jelajah-si-kecil-header-image.jpg

Si Kecil yang berusia 9 bulan semakin membahagiakan karena ia makin menyenangkan diajak bermain. Bunda harus tahu bahwa Bundalah teman bermain paling sempurna untuk memacu tumbuh kembangnya.

Karena kesukaannya menjelajah, Bunda mungkin akan sedikit khawatir sehingga bersikap protektif. Hal tersebut wajar kok Bunda, namun jangan sampai menghambat kegemaran si Kecil mengeksplorasi hal-hal baru. Di usianya ini memiliki kepekaan pada nada suara Bunda. Di fase ini, nada suara akan lebih dipahami daripada makna kata-kata sebenarnya.

1. Kemampuan Motorik

  • Kemampuan merangkak si Kecil semakin baik. Sembari merayap, satu tangannya sudah bisa memegang mainan. Bukan tidak mungkin si Kecil kesayangan Bunda sudah bisa turun dan naik tangga dengan baik. Karena kemampuannya ini, jangan lupa menutup pintu rumah dan pagarnya. Takutnya, ia keluar rumah menjelajahi halaman atau bahkan jalan raya.
  • Si Kecil juga makin mahir mengubah posisi dari berbaring, duduk, merangkak, atau sebaliknya. Dengan cara itulah ia bisa menjelajahi semua ruangan dalam rumah. Untuk menunjang kemampuan kakinya, Bunda sebaiknya membiarkan ia memakai telapak kaki sebagai pijakan. Hal ini penting untuk membantunya mengembangkan otot dan tendon kaki.
  • Bunda, komunikasi bayi usia 9 bulan sangat tergantung pada interaksinya dengan orang lain. Makin sering diajak bicara, makin baik pemahamannya. Ia mungkin akan mampu merespon ketika mendengar kata “tidak”. Hanya saja responnya mungkin bukan berupa jawaban melainkan menghentikan kegiatan yang ia lakukan.

2. Pola Makan Si Kecil Saat Berusia 9 Bulan

  • Sebaiknya Bunda jangan membiarkan bayi makan sendirian karena khawatir tersedak. Untuk meminimalkan risiko, sebaiknya sediakan makanan yang pasti meleleh di mulut, matang sehingga mudah dihancurkan, dan memiliki tekstur lembut.
  • Bersabarlah ketika hendak mengenalkan makanan dengan rasa atau tekstur berbeda. Untuk menyiasatinya, berikanlah makanan baru tersebut dalam ukuran kecil. Jika bisa, campurkan saja dengan makanan yang disukai si Kecil. Satu hal lagi yang Bunda wajib perhatikan yaitu tanda-tanda si Kecil kenyang atau lapar. Ini wajib dipahami demi menghindari si Kecil kekenyangan atau kelaparan.

3. Si Kecil di Usianya yang 9 Bulan Mungkin Butuh Perawatan Berikut

  • Ketika si Kecil menjelajahi hampir semua area yang ada di rumah, kemungkinan ia akan mengeluarkan banyak keringat. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin akan menyebabkan risiko iritasi kulit.
  • Beruntung, ada krim untuknya yang bisa melindungi dari kondisi ini. Usakahan krim yang bisa diaplikasikan pada kulit si Kecil usia 9 bulan ini diperkaya pelembap guna melindungi kulitnya dari kekeringan dan iritasi. Adapun wilayah yang sebaiknya diberikan krim ini adalah area lipatan kulit.

 

Source :

https://kidshealth.org/en/parents/feed812m.html

https://www.babycentre.co.uk/a713/your-nine-month-olds-development

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-9-month-old#1

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-chart
https://www.thebump.com/baby-month-by-month/9-month-old-baby

https://www.babycentre.co.uk/a713/your-nine-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas