Skip to main content
begini-cara-hadapi-si-kecil-yang-rewel-karena-tumbuh-gigi-1.png

Seperti langkah maupun celoteh pertamanya, gigi pertama yang tumbuh di gusi si Kecil termasuk salah satu peristiwa penting dalam fase pertumbuhannya. Hal ini juga membuat si Kecil terlihat makin menggemaskan. Setuju, Bu? Sayangnya, hal ini kerap diikuti dengan demam yang membuatnya jadi rewel. Oleh sebab itu, di samping merawat fisik si Kecil tetap aman dan nyaman dengan sabun, shampoo, dan bedak bayi berkualitas, Ibu juga perlu tahu cara  menenangkan bayi yang rewel karena tumbuh gigi.

Untuk itu, ketahui dulu yuk serba-serbi tumbuh gigi pada bayi berikut.

Kapan Gigi Mulai Tumbuh?

Tahukah, Bu? Sebenarnya gigi-geligi si Kecil mulai tumbuh sejak ia masih berada dalam kandungan. Saat usia kandungan Ibu menginjak bulan keempat, di samping menyerap sari-sari makanan, si Kecil juga menyerap kalsium dan fosfor dari aliran darah Ibu. Dua zat ini kemudian menjadi dasar terbentuknya mahkota gigi sebagai tahap awal pembentukan gigi susu. Inilah sebabnya, pada beberapa kasus, bayi bahkan terlahir dalam kondisi sudah bergigi. Meski demikian, secara umum gigi pertama pada si Kecil baru akan tumbuh di usia 4-7 bulan.

Tanda si Kecil Tumbuh Gigi

Setidaknya ada beberapa hal yang menandai tumbuhnya gigi pada si Kecil, di antaranya:

-Pipi memerah.

-Produksi air liur meningkat.

-Suhu tubuh naik (namun tidak sampai melebihi 39°Celcius).

-Gusi merah dan membengkak.

-Cenderung lebih rewel dan mudah marah dibanding biasanya.

-Mengalami penurunan nafsu makan.

-Makin sering menggigit sesuatu (karena gusinya terasa gatal).

-Sulit tidur dan tidak bisa nyenyak.

Urutan Gigi Tumbuh

Pertumbuhan gigi si Kecil biasanya diawali oleh dua gigi seri di gusi tengah bawah yang muncul satu per satu. Selanjutnya, barulah diikuti secara bertahap oleh gigi seri di rahang atas dan samping, serta gigi taring.

Seiring bertambahnya usia, geraham-geraham kecil juga mulai tumbuh.  Umumnya di usia tiga tahun, formasi gigi susu si Kecil sudah lengkap berjumlah dua puluh buah yang terdiri dari empat gigi seri atas, empat gigi seri bawah, dua taring atas, dua taring bawah, empat geraham atas, dan empat geraham bawah.

Tips Tenangkan Si Kecil yang Rewel Karena Tumbuh Gigi                                  

Karena merasa tak nyaman, si Kecil cenderung lebih rewel saat tumbuh gigi. Di samping membuat Ibu khawatir, hal ini juga berpotensi membuat Anda kerepotan. Karenanya, lakukan beberapa hal ini untuk membantu meredakan nyeri gusi pada si Kecil agar ia merasa lebih nyaman:

  • Beri Pijatan Lembut pada Gusi si Kecil

Untuk mengurangi ketidaknyamanan yang tengah ia rasakan, Ibu bisa memberi pijatan pada bagian gusi yang tengah memerah. Langkahnya cukup sederhana, yakni dengan menekan lembut area gusi menggunakan tangan Ibu yang sudah dilapisi waslap. Seperti halnya memilih perlengkapan dan bedak bayi untuk si Kecil, lakukan hal ini dengan hati-hati. Ibu pun boleh melakukan pijatan ini tanpa waslap. Yang perlu dicatat, baik dengan maupun tanpa waslap,  pastikan tangan Ibu bersih sebelum memijat gusi si Kecil, ya. Pijatan lembut dari Ibu akan membantu meringankan nyeri gusi pada si Kecil karena dapat mengurangi tekanan dari gigi yang akan tumbuh.

  • Manfaatkan Sesuatu yang Dingin

Saat gigi hendak tumbuh, selain nyeri, gusi pun biasanya terasa gatal. Inilah alasannya, si Kecil cenderung lebih sering memasukkan benda-benda ke mulut dan mengigitinya. Hal ini bisa Ibu manfaatkan untuk membantu ia mengurangi rasa nyeri lho! Caranya yaitu berikan ia sesuatu yang dingin untuk digigit. Dingin  bisa mengurangi pembengkakan pada gusi bayi Ibu, seperti juga pada otot tubuh yang sedang keseleo. 

Dalam hal ini, sayuran seperti wortel yang sudah didinginkan di lemari es bisa jadi pilihan. Bila menginginkan alternatif lain, Ibu juga bisa memanfaatkan teether si Kecil yang sebelumnya sudah dimasukkan ke lemari es.

  • Tenangkan Ia dengan Sentuhan

Selain jadi salah satu cara merawat kulit bayi, rutin memijat dan membalurkan bedak bayi pilihan Ibu juga bisa jadi cara menenangkan si Kecil saat ia merasa tidak nyaman. Sebab, skin to skin contact antara Ibu dan buah hati merangsang hormon oksitosin sehingga ia merasa lebih rileks. Agar lebih maksimal, sebaiknya gunakan bedak yang tak hanya wangi, tetapi juga dapat membuat kulit si Kecil terasa sejuk seperti JOHNSON’S® blossoms baby powder.

Terbukti klinis lembut untuk kulit bayi, bedak bayi dari JOHNSON’S® ini hadir dengan wangi bunga segar yang harumnya tahan lama. Kulit si Kecil pun jadi lembut, wangi, segar, dan terasa sejuk sepanjang hari.

Nah, dengan rutin membalurkan bedak bayi dan menerapakan tips lain di atas, kini Ibu bisa membantu si Kecil melewati fase tumbuh giginya dengan lebih baik. Selamat dampingi ia tumbuh dari waktu ke waktu, Bu!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas