Skip to main content

Title

Nyaman Bepergian Bersama Bayi dengan Tips Ini

johnsons-baby-indonesia-nyaman-bepergian-bersama-bayi-dengan-tips-ini.png

Mengajak si Kecil bepergian tentu menjadi hal yang menyenangkan, tapi bisa jadi cukup merepotkan ya, Bu. Pasalnya, Ibu tidak hanya perlu mempersiapkan segala kebutuhan si Kecil, tapi juga harus menjaganya agar tidak rewel selama perjalanan. Tapi jangan khawatir, Bu, banyak kok cara yang bisa dilakukan untuk membuat si Kecil tetap nyaman ketika di perjalanan. Selain mempelajari bagaimana cara memijat bayi yang benar, yuk ketahui tips lainnya berikut ini!

Ketika Harus Melakukan Perjalanan Darat yang Jauh

Berlibur ke luar kota memang bisa dijadikan pilihan untuk mengajak si Kecil menikmati waktu bersama anggota keluarga. Namun, saat ia harus  menempuh perjalanan jauh di dalam kendaraan, bukan tidak mungkin si Kecil bisa menjadi rewel.

Untuk mengatasinya, Shelly Rivoli, penulis buku berjudul Travels With Baby: The Ultimate Guide for Planning Trips With Babies, Toddlers, and Preschool-Age Children, menyarankan agar Ibu melakukan akitivitas interaktif dengan si Kecil untuk mengisi waktu di perjalanan, misalnya menceritakan dongeng. Tak hanya itu, Ibu juga bisa memberikan si Kecil buku bergambar warna-warni untuk sejenak mengalihkan perhatiannya ketika di perjalanan.

Selain membawa mainan untuk si Kecil, sempatkan untuk berhenti di lokasi istirahat setiap 2-3 jam sekali ya, Bu. Hal ini penting agar si Kecil bisa menghirup udara segar yang ada di luar ruangan. Jangan lupa juga untuk meregangkan otot-otot tubuhnya dengan melakukan pijat bayi yang tak hanya merelaksasi, tapi juga membantunya untuk beristirahat dengan lebih nyaman.

Ketika Bepergian Menggunakan Pesawat

Berbagai pemeriksaan di bandara tentu wajib dilewati oleh Ibu maupun si Kecil saat ingin bepergian dengan pesawat. Setelah semua pemeriksaan selesai, Ibu dan si Kecil pun masih harus menunggu kedatangan pesawat. Ditambah suara berisik dan keramaian orang di bandara, hal-hal tersebut ibarat resep jitu untuk membuat si Kecil menjadi tantrum.

Sama seperti ketika melakukan perjalanan darat, membawa mainan untuk si Kecil bisa jadi penyelamat saat ia rewel di perjalanan udara. Jenn Berman, Psy.D., penulis buku berjudul SuperBaby: 12 Ways to Give Your Child a Head Start in the First 3 Years, mengatakan bahwa mainan favorit si Kecil dan buku yang belum pernah ia lihat sebelumnya, adalah barang-barang yang wajib ada di dalam tas saat bepergian.  Selain itu, jangan lupa juga untuk mempelajari dan mempraktikkan cara memijat bayi yang benar ya, Bu. Ibu bisa sesekali memberikan pijatan ringan pada si Kecil agar tubuhnya bisa lebih santai dan tentunya nyaman selama melakukan perjalanan udara.

Ketika Harus Menginap

Menginap di hotel atau di rumah saudara, bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan untuk si Kecil. Namun, kelelahan selama perjalanan, wajah-wajah yang asing, dan suasana kamar tidur yang berbeda, bukan tidak mungkin membuat si Kecil menjadi tantrum. Kondisi ini tentu bisa mengganggu waktu tidur bayi.

Guna mencegah hal seperti ini terjadi, Ibu bisa mengenalkan terlebih dahulu pada si Kecil seperti apa tempat yang akan ia dikunjungi, serta siapa saja orang-orang yang akan ditemuinya nanti. Dengan begitu, ia pun tidak akan merasa kaget karena sudah familiar dengan apa yang ditemuinya. Jika si Kecil masih rewel, memberikan mainan favorit bisa jadi cara ampuh untuk dicoba lho, Bu. Selain itu, usahakan juga untuk membuat suasana kamar layaknya seperti di rumah. Misalnya dengan mengatur penerangan, serta membawa barang-barang yang biasa menemani si Kecil tidur, seperti bantal atau boneka favoritnya.

Ketika tiba waktunya tidur, jalankan rutinitas si Kecil seperti biasa ketika ia berada di rumah ya, Bu. Selain itu, jangan lupa untuk mempraktikkan cara memijat bayi yang benar agar ia bisa tidur dengan lebih pulas. Gunakan JOHNSON’S® baby oil yang terbuat dari Mineral Oil Murni yang efektif untuk membersihkan dan melembapkan kulit bayi, serta menghindari kulit kering dan dapat digunakan untuk memijat bayi.

Itulah beberapa tips yang bisa Ibu lakukan untuk menjaga si Kecil tetap tenang saat bepergian. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya, Bu. Selamat jalan-jalan bersama buah hati!

Kembali ke Atas