Skip to main content

Cara Bayi Belajar Berjalan

Sebelum Anda menyadarinya, buah hati Anda akan mulai mondar-mandir ke sana kemari. Momen istimewa dalam perkembangannya ini membutuhkan dukungan, perhatian, dan langkah pengamanan dari Anda. Hal ini diperlukan saat mengajari anak berjalan.

Sebagian besar bayi belajar berjalan selama akhir tahun pertamanya (9-12 bulan). Jangan khawatir jika bayi Anda sedikit terlambat untuk belajar berjalan. Banyak bayi yang baru dapat berjalan saat berusia 16 atau 17 bulan. Namun, jika Anda merasa perkembangan bayi Anda terlalu terlambat, konsultasikan dengan dokter Anda.

Cara Mengajari Anak Berjalan

Kebanyakan bayi memulai dengan merangkak, meskipun sebagian bayi melompati tahap ini dan langsung berdiri, kemudian akhirnya berjalan. Jika bayi Anda sudah mahir merangkak, ia mungkin akan mencoba gerakan yang lebih menantang seperti merangkak menaiki tangga. Kegiatan memanjat tangga dapat membantunya belajar memahami ketinggian dan kedalaman, dan mengembangkan keseimbangan tubuhnya. Namun, demi keamanannya sebaiknya  Anda memasang pintu pengaman di tangga agar bayi Anda tidak dapat menaiki tangga tanpa bantuan Anda.

Sebelum Berjalan, Bayi Anda Akan ”Merambat” 

Bayi yang sangat aktif akan berusaha berdiri dan mencoba berjalan beberapa langkah sambil berpegangan pada perabot. Teknik ini dikenal dengan “merambat.” Saat bayi Anda mulai percaya diri, ia akan segera menemukan cara untuk bergerak melintasi ruangan, menggunakan beberapa perabot untuk membantunya agar tetap seimbang. Mempelajari cara merambat seperti ini adalah keterampilan fisik terakhir yang akan dikuasainya sebelum ia mulai berjalan tanpa dibantu. Berikan semangat kepadanya untuk menjelajah. Nantinya ia akan berjalan dengan memegang tangan Anda. Salah satu tips untuk mengajari anak berjalan adalah dengan menunjukkan padanya cara menekuk lutut untuk duduk. Jika ia berhasil bergerak dan meraih mainan kesukaannya di seberang ruangan, berikan ia banyak pujian.

Mengamankan Rumah demi Bayi Anda

Jika bayi Anda mulai banyak bergerak, pastikan rumah Anda aman untuknya. Bayi yang merambat atau berjalan bisa menimbulkan banyak masalah. Selain itu, saat bayi Anda menggunakan tangannya, kaki, dan tungkainya untuk bergerak, besar kemungkinan ia akan mengotori dirinya. Kulitnya bisa kering akibat terkena banyak gesekan saat berjalan, dan ia lebih rentan terhadap goresan dan luka.Cara cepat dan mudah untuk menjaga bayi tetap bersih: rendam waslap yang lembut dan gunakan JOHNSON’S® HEAD-TO-TO® baby wash  untuk membersihkannya dengan lembut di sela-sela waktu mandinya. Gunakan pembersih bayi yang lembut dan melembapkan ketika memandikan bayi Anda, seperti JOHNSON'S® baby moisture care baby wash.

Untuk menjaga kulit bayi Anda tetap lembap setelah mandi, cobalah pelembap lembut seperti JOHNSON'S® baby lotion.

Diambil dari JOHNSON’S® Your Baby & Toddler, from Birth to 3 Years, DK Publishing Inc., 2004

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas