Skip to main content
langkah-langkah-pijat-payudara-header-image.jpg

Setiap ibu tentu ingin menyusui ASI eksklusif untuk menunjang tumbuh kembang buah hati tersayang. Namun, tidak sedikit juga ibu yang merasa kesulitan menyusu karena produksi ASI-nya sedikit. Psst... Jangan khawatir jika Anda salah satunya. Rutin pijat payudara sendiri terbukti ampuh, kok, untuk melancarkan produksi ASI! Berikut panduannya.

Cara pijat payudara untuk memperlancar ASI

Dilansir dari laman American Pregnancy Association, pijat membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk memperlancar produksi ASI. Bahkan, pijatan juga bisa meningkatkan kadar prolaktin, yaitu hormon yang berperan dalam proses menyusui.

Untuk memperlancar produksi ASI, Ibu perlu tahu cara memijat payudara yang benar. Agar tak keliru, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Fokus pada satu sisi payudara terlebih dahulu, boleh sisi kiri atau kanan.
  2. Letakkan satu tangan di atas payudara dan satu lagi di sisi bawahnya.
  3. Pijat payudara dengan gerakan melingkar sambil menekan atau meremas lembut payudara Anda
  4. Gunakan ujung jari-jari Anda untuk memijat seluruh bagian payudara
  5. Bila ingin memerah susu, tekan sedikit payudara dengan menaruh jari telunjuk di belakang pangkal puting. Kemudian, posisikan jari-jari yang lain seperti meremas dan mendorong ASI ke puting susu. Pijat perlahan sesuai dengan kecepatan detak jantung. Lakukan sebelum dan sesudah memompa ASI dapat membantu mengosongkan payudara Anda.
  6. Lakukan hal yang sama pada kedua sisi payudara. Pijat dengan gerakan melingkar.
  7. Untuk hasil terbaik, pijatlah rutin setiap hari.

Hindari menekan atau meremas payudara terlalu keras karena bisa merusak jaringan yang ada di area tersebut. Jika Ibu merasa nyeri atau sakit ketika memijatnya, ini artinya tekanan jari Ibu terlalu kencang. Kurangi sedikit tekanannya.

Pijatan lembut sebetulnya sudah cukup untuk melancarkan aliran darah, kok. Ibu bisa merasakan bedanya ketika meraba payudara dan terasa lebih hangat. Itu artinya aliran darah sudah berjalan lebih lancar.

Pakai losion atau minyak untuk memijat payudara

Mengoleskan losion atau minyak khusus di kulit payudara akan membuat proses pijat-memijat jadi lebih nyaman. Ibu bisa menggunakan minyak lembut seperti Johnson’s baby oil yang terbuat dari mineral oil murni.

Kandungan bahan alami dalam baby oil ini dapat membantu melembapkan kulit. Kulit yang lembut dan licin akan mempermudah jari-jari Anda untuk bergerak memijat seluruh area payudara.

Selain bisa menambah produksi ASI, pijat ini juga akan membuat Ibu merasa lebih rileks dan nyaman. Yuk, siapkan Johnson’s® baby oil atau Johnson’s® baby lotion dan mulai pijat payudara sekarang!

Caranya, tuang sedikit minyak ke tangan kemudian gosokkan kedua tangan hingga terasa hangat. Setelah itu, pijatlah payudara dengan tangan yang telah dihangatkan.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa yang juga bagus untuk kesehatan kulit. Pijat payudara sebetulnya juga bisa dilakukan sewaktu mandi dengan bantuan sabun.

Cara lain untuk menambah produksi ASI

Tidak ada satu cara yang sepenuhnya efektif untuk menambah produksi ASI. Ibu perlu lebih giat mencoba kombinasi dari berbagai cara agar ASI bisa berlimpah untuk memenuhi kebutuhan si Kecil.

Berikut berbagai cara lain yang bisa dilakukan untuk menambah produksi ASI:

Rutin menyusui

Sama seperti pijat payudara, menyusui lebih sering membantu memicu hormon penghasil ASI. Kontraksi yang terjadi pada otot payudara saat menyusui membantu memindahkan ASI melalui saluran susu.

Semakin sering Anda menyusui, akan semakin banyak ASI yang dihasilkan. Cobalah rutin susui si Kecil 8 hingga 12 kali sehari untuk mempertahankan produksi ASI Ibu.

Makan makanan bernutrisi

Makanan yang Ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Sayuran hijau seperti bayam, kacang buncis, dan asparagus kaya akan mineral yang baik untuk produksi ASI.

Selain itu, sayuran kaya betakaroten seperti wortel dan buah bit juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Jangan lupakan pula kacang-kacangan, gandum, dan juga bawang putih yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Rutin pumping

Pumping termasuk salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI selain pijat payudara. Semakin sering payudara dirangsang dan dikosongkan, akan semakin melimpah ASI yang Ibu miliki.

Maka, pompalah payudara kapan pun saat Ibu bisa. Misalnya setelah menyusui atau saat bayi sedang tidak menyusui.

Nah, bagaimana Bu? Sudah siap menambah produksi ASI dengan pijat payudara dan cara-cara alami lainnya yang aman untuk kesehatan?

References:

Postpartum Massage https://americanpregnancy.org/first-year-of-life/postpartum-massage/ .accessed on September 18th 2019

Lactation Massage for Breastfeeding Mom: Is It Worth? https://www.parents.com/baby/breastfeeding/tips/lactation-massage-for-breastfeeding-moms-is-it-worth-it/ .accessed on September 18th 2019

5 Benefits of Breast Message https://www.healthline.com/health/breast-massage#how-to accessed on September 18th 2019

5 Ways to Increase Breast Milk Production https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-breast-milk#how-to accessed on September 18th 2019

TIPS MEMERAH ASI: Saya Ibu bekerja, bagaimana tips memerah agar produksi ASI berlimpah?

Untuk seorang Bunda yang bekerja dan ingin tetap memberikan ASI Ekslusif bagi si kecil, simak video berikut ini untuk mengetahui cara memerah ASI yang tepat agar produksi ASI tetap melimpah. #terbaikuntukbayi

Gunakan Lotion atau Oil Selama Pemijatan

Supaya proses pijat payudara untuk menambah produksi ASI bisa berjalan lebih lancar, gunakanlah lotion atau minyak khusus. Minyak dari bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa sangat baik digunakan untuk pemijatan payudara. Selain itu, Ibu juga bisa menggunakan baby oil yang kandungannya alami dan aman untuk si Kecil. Salah satu pilihan terbaik adalah Johnson’s baby oil yang terbuat dari Mineral Oil murni. Kandungan ini bisa membuat kulit lebih lembap dan akan mempermudah proses pemijatan. Sangat baik juga diaplikasikan pada kulit buah hati yang sensitif.

Hindari Menekan Terlalu Keras

Tekanan lembut pada area payudara dan sekitarnya sudah cukup membuat aliran darah berjalan lebih lancar. Hindari menekan atau meremas payudara terlalu keras karena bisa merusak jaringan yang ada di area tersebut. Ketika Ibu merasa nyeri atau sakit saat proses pemijatan, itu tandanya ada tekanan yang terlalu keras di area payudara. Ketika payudara terasa hangat, itu tandanya aliran darah sudah berjalan lebih lancar.

Lakukan Pemijatan Setiap Hari

Untuk hasil terbaik, lakukan pemijatan ini setiap hari. Jika Ibu kesulitan memperoleh lotion atau baby oil, pemijatan juga bisa dilakukan dengan bantuan sabun saat mandi. Selain bisa menambah produksi ASI, pemijatan ini juga akan membuat Ibu merasa lebih rileks dan nyaman.

Selain memijat payudara dengan baby oil, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk menambah produksi ASI, misalnya dengan:

  • Menyusui secara rutin. Mungkin tak banyak disadari, tapi jarang menyusui si Kecil bisa membuat produksi ASI berkurang. Maka dari itu, maksimalkan pemberian ASI sehingga produksi air susu juga lebih optimal.
  • Konsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang Ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Sayuran hijau seperti bayam, kacang buncis, dan asparagus kaya akan Mineral yang baik untuk produksi ASI. Selain itu, sayuran kaya betakaroten seperti wortel dan buah bit juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Jangan lupakan pula kacang-kacangan, gandum, dan juga bawang putih yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Nah, bagaimana Bu? Sudah siap menambah produksi ASI dengan cara-cara alami yang aman untuk kesehatan? Yuk, siapkan Johnson’s® baby oil atau Johnson’s® baby lotion dan mulai lakukan pemijatan sekarang juga!

Kembali ke Atas