Skip to main content
header-rangsang-kecerdasan-si-kecil-sejak-dini-lewat-3-mainan-edukatif-ini.png

Di usia enam bulan, umumnya durasi tidur siang pada bayi sudah mulai berkurang, tak lagi seperti saat ia baru lahir beberapa bulan lalu. Hal ini bisa Ibu manfaatkan untuk mengajaknya bermain. Di samping untuk menghiburnya, aktivitas yang satu ini juga bisa jadi ajang belajar dan stimulasi baginya lho! Oleh karena itu, seperti halnya saat memilih bedak bayi, memilih mainan untuk si Kecil juga tak boleh asal. Idealnya, mainan-mainan yang Ibu sediakan harus sesuai usianya, agar bisa mendukung fase tumbuh kembang yang tengah ia lalui.

Mengingat sejak usia enam bulan bayi mulai belajar berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya, usahakan mainan yang Ibu berikan juga dapat mendukung proses tersebut. Beberapa di antaranya seperti:

  1. Boneka Tangan

Saat usianya memasuki bulan keempat, umumnya bayi mulai bergumam dan mengeluarkan suara “ah-ah” dan “eh-eh” tiap kali Anda dan ia melakukan kontak mata. Selain jadi pertanda bahwa ia mulai menginginkan interaksi verbal lebih intens lagi, hal ini sebenarnya juga merupakan tahap awal ia belajar bicara, Bu. Untuk mendukung si Kecil di tahap ini, boneka tangan bisa jadi pilihan mainan yang tepat. Lewat bentuknya yang lucu dan menarik, mainan ini akan membuat si Kecil makin tertarik memerhatikan cara Ibu mengeluarkan suara dan berbicara. Dengan begitu, proses ia belajar berbicara bisa semakin lancar.

  1. Spons Aneka Bentuk

Melatih kemampuan motorik halus juga tak kalah penting untuk anak seusianya kini. Tak harus dengan mainan mahal, hal ini juga bisa Ibu lakukan lewat media sederhana, contohnya spons aneka bentuk. Ibu hanya perlu menyiapkan spons mandi warna-warni yang lembut untuk si Kecil, lalu potong  menyerupai bentuk tangan, kaki, botol susu , ataupun benda-benda lain yang akrab dengan kesehariannya.

Begitu spons warna-warni aneka bentuk sudah siap, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengisi bak mandi si Kecil dengan air dan masukkan spons tadi ke dalamnya. Ambil salah satu spons dari dalam bak mandi, kemudian peras secara perlahan sambil menunjukkannya pada si Kecil.  Perlahan, si Kecil akan tertarik melakukan hal yang sama dan hal ini secara tak langsung dapat melatih kemampuan motorik halusnya, Bu.

Umumnya bayi akan merasa heran saat pertama kali melihat air keluar dari spons yang Ibu genggam. Jadi, bersiaplah melihat ekspresi penasaran dan bingung yang lucu dan menggemaskan di wajah si Kecil , Bu!

  1. Gambang

Alat musik yang satu ini juga baik diberikan untuk si Kecil saat usianya sudah menginjak enam bulan. Tak sekadar melatih kemampuan motorik bayi lewat gerakan memukul-mukul, instrumen melodis ini juga dapat memberikan rangsang sensorik lewat suara yang dihasilkannya. Karena tiap bilah bambu pada gambang menghasilkan bunyi yang berbeda saat dipukul, hal ini kemungkinan besar akan memancing rasa penasaran pada diri si Kecil dan membuatnya ingin memukul bilah-bilah bambu berikutnya dengan tangan mungilnya. 

Itulah tiga mainan edukatif yang bisa Ibu pilih untuk mengasah kecerdasan bayi di usia enam bulan. Agar sesi bermain dan eksplorasi yang ia jalani tak terganggu oleh keringat, jangan lupa terapkan cara merawat kulit bayi yang tepat setiap hari, Bu. Salah satunya yaitu dengan membiasakan membaluri tubuh si Kecil dengan bedak bayi tiap habis mandi. Selain menghindarkannya dari ketidaknyamanan akibat keringat, bedak bayi berkualitas juga dapat membantu menjaga kulit si Kecil senantiasa lembut dan harum.

Dalam hal ini, JOHNSON’S® Active Fresh baby powder bisa jadi pilihan. Tak hanya terbukti klinis lembut untuk kulit si Kecil, bedak bayi dari JOHNSON’S® ini hadir dengan formula teknologi Active Fresh yang dapat membantu menetralkan bau asam dan memberikan wangi segar tiap kali si Kecil berkeringat. Si Kecil pun jadi tetap segar dan nyaman selama beraktivitas.

Terus semangat stimulasi si Kecil dengan mainan edukatif sesuai usianya dan jaga kesegaran tubuhnya selama bermain dengan bedak bayi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal!

Kembali ke Atas