Skip to main content
bayi-usia-4-bulan-senyum-header-image.jpg

Saat si Kecil berusia 4 bulan artinya orang tua akan ditemani oleh si Kecil yang semakin menggemaskan. Bayangkan saja, ia makin mudah mengekspresikan diri dengan senyum dan tawanya sepanjang hari.

Si Kecil akan makin tertarik untuk menjelajahi setiap jengkal wilayah bermainnya. Sayangnya, ini juga membuatnya lebih mudah terganggu oleh lingkungan sekitar. Makanya Bunda jangan heran jika ia makin susah saat hendak diberi makan.

1. Motorik si Kecil 4 Bulan

  • Keterampilan tangan si Kecil dalam meraih benda yang ada di sekitarnya semakin baik. Hanya, Bunda sebaiknya hati-hati sebab di usia 4 bulan ini bayi lebih mahir memasukkan benda yang ada di tangannya ke dalam mulut. Jangan heran jika si Kecil sudah mulai bisa berguling dari telentang menuju tengkurap atau sebaliknya.
  • Selain senyum dan tawa, si Kecil juga makin pandai berkomunikasi dan memperhatikan respon orang di sekitarnya atas segala tindakan yang dilakukannya. Adapun bentuk komunikasi lain yang mungkin muncul adalah suara dari mulutnya seperti “ah” atau “ooh”. Bahkan, ia juga sudah mulai bisa menerka emosi apa yang ditunjukkan orang-orang di sekitarnya.

2. Usia 4 Bulan Punya Pola Makan dan Tidur Berikut

  • Kebutuhan ASI atau susu formula kemungkinan sama dengannya saat berusia 3 bulan. Hanya saja, usia 4 bulan dianggap waktu yang aman bagi si Kecil untuk mendapatkan makanan solid. Beberapa orang tua mungkin memberikan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) berupa sereal bayi. Sebelum memutuskan memberi MPASI di usia 4 bulan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak.
  • Sementara itu, kebutuhan tidur si Kecil usia 4 bulan masih hampir sama dengan usia sebelumnya – 15 jam tidur per hari.  Jika Bunda merasa usia 4 bulan bukan waktu yang tepat, maka pemberian makanan padat bisa dilakukan 2 bulan lagi.
  • Usia 6 bulan dianggap lebih aman karena sistem pencernaannya sudah lebih matang. Selain itu, kekebalan tubuh si Kecil juga sudah lebih kuat sehingga lebih kuat ketika harus menghadapi reaksi buruk yang mungkin muncul ketika mengonsumsi makanan padat.

3. Produk Perawatan yang Mungkin Dibutuhkan

  • Mengingat kemampuan motorik si Kecil semakin baik termasuk bisa berguling, maka perlindungan untuk kulit semakin dibutuhkan. Aktivitasnya yang makin banyak memungkinkan keringat lebih banyak keluar dari tubuhnya. Jika tidak diperhatikan dengan baik, hal ini berpotensi mengganggu kesehatan kulitnya.
  • Untuk keperluan tersebut, Bunda bisa memilih lotion yang mengandung protein susu murni dan nutrien beras untuk memberikan nutrisi pada kulit si Kecil, dan menjaga kulitnya tetap sehat sekaligus lembut.

Pemilihan produk perawatan yang tepat akan membantu si Kecil usia 4 bulan makin optimal pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Source :

https://www.babycentre.co.uk/a719/your-four-month-olds-development

https://www.babycenter.com/0_sample-baby-schedules-for-3-and-4-month-olds_3657230.bc   

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-chart

https://www.babycentre.co.uk/a719/your-four-month-olds-development

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-4-month-old

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas