Skip to main content
Kesalahan
Warning: PDO::__construct(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in DatabaseConnection->__construct() (line 321 of /mnt/www/html/jnjosconapacprod3/docroot/includes/database/database.inc).

Title

Cara Menghadapi si Kecil yang Terbangun Karena Mimpi Buruk

johnsons-baby-bagaimana-cara-menghadapi-si-kecil-yang-terbangun-karena-mimpi-buruk.png

Di tengah tidur lelapnya, si Kecil mendadak terbangun dan menangis. Duh, bisa jadi ia baru saja mengalami mimpi buruk, Bu. Berhubung hal ini bisa datang kapan saja dan mengganggu tidur batita kesayangan, Ibu perlu tahu cara menghadapinya.  Dengan begini, Ibu bisa membantunya lebih rileks dan tak takut untuk kembali tidur, sehingga durasi istirahat malam  si Kecil bisa terpenuhi.

Apa saja yang perlu Ibu lakukan? Berikut selengkapnya, Bu. Simak, yuk!

  1. Menenangkan secara Fisik

Begitu si Kecil mendadak terbangun dan menangis di malam hari, hal pertama yang perlu Ibu lakukan adalah menghampirinya dan berusaha menenangkan ia kembali. Ibu bisa melakukannya dengan memberikan pelukan lembut sembari mengusap punggungnya hingga ia merasa lebih tenang. Selain itu, berikan juga segelas air putih untuk si Kecil supaya tubuhnya lebih rileks. Bila sudah, Ibu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Pancing si Kecil untuk Menceritakan Mimpinya

Supaya bisa membantu menenangkan si Kecil, Ibu tentu perlu tahu hal mengerikan apa yang membuat ia ketakutan hingga terbangun dari tidur. Untuk itu, pancing si Kecil untuk menceritakan apa yang ia lihat di dalam mimpi, Bu.

Saat si Kecil bercerita, berusahalah menjadi pendengar yang baik supaya ia yakin bahwa Ibu benar-benar memahami ketakutan dan kekhawatirannya. Dengan begini, nantinya ia akan lebih mudah menerima saran dari Ibu untuk mengatasi ketakutannya.

  1. Mengajak si Kecil untuk Memeriksa Kamarnya

Setelah mendengar cerita si Kecil dan mengetahui sumber ketakutannya, Ibu juga bisa membantunya mendapatkan rasa aman dengan menawarkan bantuan untuk memeriksa kamarnya. Misalnya, bila si Kecil bercerita bahwa ia takut akan dimakan monster jahat, Ibu bisa menemani ia memeriksa setiap sudut kamar dan tunjukkan bahwa monster itu tidak ada. Selain itu, Ibu juga bisa meletakkan beberapa mainan atau boneka favorit si Kecil untuk menemaninya di atas ranjang supaya ia tak merasa sendirian.

  1. Lakukan Rutinitas Jelang Waktu Tidur

Terakhir, Ibu juga bisa membuat si Kecil lebih tenang dan nyaman dengan  mengajaknya melakukan rutinitas jelang waktu tidur. Salah satunya yaitu membalurkan JOHNSON'S® Blossoms Baby Powder ke tubuh mungilnya. Dengan aroma bunga yang segar, bedak bayi ini membuat tubuh si Kecil kembali segar setelah berkeringat karena mimpi buruk, Bu.

Saat membalurkan bedak, Ibu juga bisa mensugesti si Kecil dengan mengatakan, “’Bedak mimpi indah’ ini akan membuat Adik selalu mimpi indah!”

Seiring dengan semakin berkembangnya daya imajinasi si Kecil, wajar bila mimpi buruk jadi penyebab anak susah tidur. Namun, yang terpenting, jangan sampai hal ini menyebabkan ia tidak mendapatkan durasi tidur malam ideal ya, Bu. Oleh sebab itu, segera praktikkan empat hal di atas dengan baik tiap kali si Kecil mengalami mimpi buruk untuk membantunya tidur lebih lelap.

Kembali ke Atas