Skip to main content

Title

Mengapa Sebaiknya si Kecil Tidur di Ranjang Terpisah?

johnsons-baby-mengapa-sebaiknya-si-kecil-tidur-di-ranjang-terpisah.png

Meski sudah membeli ranjang khusus bayi sebelum si Kecil lahir, masih banyak orang tua yang memilih untuk tetap tidur seranjang dengan si mungil setiap malam. Apa Ibu pun demikian? Tidur bersama bayi memang menyenangkan, Bu. Namun, menurut para ahli, sebaiknya si Kecil tidur di ranjangnya sendiri, lho. Penasaran kenapa? Berikut beberapa alasannya:

  1. Menghindari Risiko Kematian Bayi Mendadak

Ada anggapan umum bahwa tidur bersama Ibu dan Ayah memang membuat si Kecil lebih aman dan nyaman. Sebab, bayi berada di dalam pengawasan orang tua langsung, sehingga saat membutuhkan pertolongan, ia bisa segera mendapatkannya. Namun, para ahli justru berpendapat sebaliknya, Bu.

Menurut para ahli, seranjang dengan Ayah dan Ibu bisa memperbesar risiko terjadinya kematian bayi mendadak saat tidur. Alasannya, si Kecil berisiko tertindih ataupun terhimpit tubuh Ibu dan Ayah. Tak hanya itu, si Kecil juga berisiko mendapatkan lebih sedikit oksigen, sebab ia harus “berebut” dengan kedua orang tuanya.

  1. Bayi Dapat Tidur Lebih Lelap

Alasan selanjutnya yaitu terkait kualitas tidur si Kecil, Bu. Menurut para ahli, kualitas tidur yang baik akan lebih mudah didapat oleh bayi bila ia tidur di ranjangnya sendiri. Sebab, ia tidak akan terganggu oleh suara obrolan Ibu dan Ayah. Di samping itu, ia juga terhindar dari risiko terbangun berkali-kali karena kaget saat Ayah atau Ibu naik ke ranjang. Dengan kualitas tidur yang lebih baik, si Kecil tentu bisa tumbuh lebih optimal, Bu.

  1. Si Kecil Terlatih untuk Lebih Mandiri

Penelitian menunjukkan bahwa membiasakan bayi tidur di ranjang terpisah juga bermanfaat untuk menumbuhkan kemandirian pada si Kecil sejak dini, lho. Sebab, saat tidur sendiri, si Kecil akan mengembangkan kemampuannya dalam menenangkan dirinya sendiri. 

Namun, agar Ibu tak gelisah, ranjang si Kecil dan perlengkapan bayi lainnya boleh kok tetap berada sekamar dengan Ibu. Dengan begitu, Ibu tetap bisa mengawasi si Kecil dan segera menghampirinya bila ia membutuhkan pertolongan.

Supaya si Kecil tak rewel saat hendak dimasukkan ke ranjang dan bisa tidur dengan lelap setiap malam, Ibu bisa memberikan pijatan lembut untuknya tiap jelang waktu tidur menggunakan JOHNSON'S® Bedtime Baby Lotion. Diperkaya NATURAL CALM yang memiliki wangi lembut menenangkan, baby lotion dari JOHNSON’S® ini dapat mengoptimalkan manfaat pijat untuk si Kecil karena aroma lembutnya membantu tubuh lebih rileks. Si Kecil pun jadi lebih mudah memasuki tahapan tidur lelap, Bu.

Nah, setelah mengetahui alasan-alasan tadi, yuk, biarkan bayi Ibu tidur dengan nyaman di ranjangnya sendiri mulai malam ini, Bu!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas