Skip to main content

Title

Tips Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman untuk Bayi

tips-ciptakan-suasana-kamar-tidur-yang-nyaman-untuk-bayi.png

Di samping kondisi fisik yang kurang fit dan tubuh yang kurang bersih, suasana kamar yang tidak nyaman juga sering jadi penyebab bayi susah tidur nyenyak. Oleh karena itu, penting juga untuk menciptakan kenyamanan pada kamar si Kecil, Bu. Bagaimana sih caranya? Berikut jawabannya.

  1. Sesuaikan Suhu Ruangan

Karena kulitnya masih begitu tipis, bayi sangat sensitif pada suhu udara. Ini sebabnya, ia tidak nyaman saat berada di ruangan yang suhunya terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi, demi kenyamanan si Kecil, pastikan temperatur kamar tidurnya sesuai yang dianjurkan, Bu.

Menurut para ahli, untuk wilayah tropis seperti Indonesia, temperatur kamar untuk bayi berusia di bawah satu bulan dengan berat badan lebih dari 3,5 kilogram sebaiknya dijaga dalam kisaran antara 22° – 24° Celsius. Sementara, untuk bayi yang berusia di atas satu bulan, 16° - 20° Celsius menjadi suhu yang dianggap paling pas dan bisa membuat si Kecil merasa nyaman saat tidur.

  1. Lapisi Lantai Kamar Tidur dengan Karpet

Di samping membantu mempercantik kamar tidur, karpet juga bisa meredam suara-suara yang mengganggu si Kecil dan berpotensi membuat ia terbangun dari tidurnya, Bu.

Tak hanya itu, karpet dengan material tebal dan halus juga bisa membantu menjaga kestabilan suhu kamar saat tiba-tiba hujan turun di malam hari dan membuat kamar jadi lebih dingin.

  1. Pilih Lampu Bercahaya Temaram

Pencahayaan kamar adalah hal berikutnya yang perlu Ibu perhatikan bila menginginkan suasana kamar tidur si Kecil terkesan lebih tenang dan nyaman. Pilihlah lampu bercahaya temaram atau agak redup untuk kamar tidur si Kecil, Bu. Pasang juga tirai untuk mengantisipasi cahaya matahari mengganggu bayi saat ia tidur siang.

  1. Manfaatkan Musik Pengantar Tidur

Tahukah, Bu? Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketukan irama pada musik pengantar tidur menciptakan alunan nada dengan ritme yang mirip dengan ritme gerak janin dalam kandungan. Menurut para ahli, kemiripan ini kemudian membangkitkan memori si Kecil akan pengalamannya ketika masih berada di dalam rahim Ibu yang penuh ketenangan. Ini sebabnya, bayi mudah rileks saat diperdengarkan musik pengantar tidur dengan nada-nada teratur, harmonis, dan berulang. Untuk itu, Ibu juga disarankan memutarkan musik pengantar tidur di kamar si Kecil jelang waktu tidurnya.

Selain dengan empat cara tadi, kenyamanan jelang waktu tidur untuk si Kecil juga bisa Ibu berikan lewat aroma menenangkan JOHNSON’S® bedtime baby powder. Terbukti klinis lembut untuk kulit si Kecil, bedak bayi dari JOHNSON’S® ini hadir dengan keharuman yang diperkaya NATURAL CALM, sehingga mampu membantu bayi tidur lebih nyenyak karena wanginya lembut dan menenangkan.

Yuk, segera praktikkan cara di atas dan ciptakan suasana tidur yang nyaman untuk si Kecil, agar ia bisa tidur lebih lelap dan tumbuh kembangnya semakin optimal!

Kembali ke Atas